semoga aksi ini menjadi pemicu bagi kita untuk senantiasa menjaga lingkungan
Pangkalpinang (ANTARA) - Srikandi PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Bangka Belitung ambil bagian dalam gerakan menjaga kelestarian lingkungan dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup internasional.

"Dalam rangka peringatan tersebut kami bersama pemerintah daerah, komunitas peduli lingkungan dan warga, hari ini melakukan aksi membersihkan sampah di sepanjang Pantai Koala Jembatan Emas dan Muara Tebo kampung nelayan di Sungailiat," kata Srikandi PLN UIW Babel, Rudang Elseria Sinaga di Pangkalpinang, Senin.

Menurut dia, kegiatan itu dilaksanakan dalam upaya menjaga lingkungan yang sudah menjadi salah visi Srikandi PLN yang dituangkan dalam program kerja di bidang sosial kemasyarakatan.

Aksi itu juga merupakan wujud nyata kepedulian Srikandi PLN dalam kegiatan perusahaan sebagai dukungan komitmen PLN dalam aspek ESG (Environmental, Social and Governance).

Dalam aksi peduli lingkungan ini, Srikandi PLN UIW Babel bersama keluarga besar PT PLN Babel beserta pemangku kepentingan dan komunitas terkait bergotong-royong mengumpulkan dan memilah sampah serta memberikan edukasi kepada pelajar yang ikut menjadi relawan dalam aksi ini.

Baca juga: Sulbar siapkan 1,1 juta pohon pada peringatan Hari Lingkungan Hidup
Baca juga: Ratusan peserta lakukan aksi bersih sampah Gunung Bromo


Srikandi Champion PLN UIW Babel, Yuli Ashaniais Ramadani menyampaikan program ini juga bagian dari program green employee involvement, yaitu program yang melibatkan seluruh insan PLN grup untuk terlibat dalam kegiatan menjaga kelestarian lingkungan hidup.

"Program green employee involvement dilakukan serentak oleh PLN grup di seluruh Indonesia. Melalui kegiatan seperti ini Srikandi PLN terus berupaya untuk ikut mendukung pemerintah dalam visi pengurangan emisi menuju net-zero emission (NZE) 2060 dan transisi energi ramah lingkungan," katanya.

Setelah sampah terkumpul, kemudian dilakukan pemilahan dan dimanfaatkan kembali menjadi sesuatu yang berguna dan bernilai ekonomis bagi masyarakat.

"Terima kasih kepada para relawan, Srikandi PLN, pemerintah dan para pelajar serta masyarakat yang sudah membersamai aksi peduli lingkungan ini, semoga aksi ini menjadi pemicu bagi kita untuk senantiasa menjaga lingkungan hidup untuk generasi yang akan datang," katanya.

Baca juga: Sumbawa Timur Mining restorasi tanah lewat pembuatan lubang biopori
Baca juga: Indocement buat 370 lubang biopori peringati Hari Lingkungan Hidup
Baca juga: Menteri LHK ingatkan peran kearifan lokal dalam pelestarian lingkungan

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Try Mustika
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024