Bandarlampung (ANTARA) -

Tim Debat Bahasa Indonesia Institut Teknologi Sumatera (Itera) berhasil melaju ke Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2024 Tingkat Nasional yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Kami bersyukur dapat mewakili Provinsi Lampung dalam ajang bergengsi KDMI usai unggul di Sumatera dan Kalimantan," kata Dosen Pembina Tim Debat Itera Doni Alfaruqy dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Senin.

Baca juga: Itera berkomitmen hasilkan SDM unggul

Dia mengatakan bahwa Tim Debat Itera yang diisi oleh Ahmad Rizky dari Program Studi (Prodi) Sains Data, Ferry Setiawan dari Prodi Sains Aktuaria, dan Wahyu Wibowo Ginting dari Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota berhasil menyisihkan 106 perguruan tinggi dari wilayah I dan menjadi peringkat 8 serta berhak mendapatkan medali perak.

"Selain itu, Tim Debat Itera juga mendapat peringkat 3 untuk wilayah LLDIKTI II se-Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). Seleksi ini diadakan selama tiga hari secara dalam jaringan (daring) pada tanggal 5-7 Juni 2024, dan berlangsung selama delapan ronde," kata dia.

Baca juga: Itera peringkat ke-9 nasional kampus terbaik versi Nature Index

Sementara itu, Dosen Pembina Tim Debat Itera lainnya Tefur Nur Rohman menambahkan bahwa atas prestasi tersebut, Tim Debat Itera berhak mengikuti seleksi tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada 15-22 Juli 2024 di Kampus Universitas Ciputra, Surabaya.

“Tim Debat Itera telah melalui serangkaian pertandingan yang cukup ketat melawan berbagai kampus ternama baik di wilayah Sumatera maupun Kalimantan. Prestasi ini dapat diraih dengan dukungan dari berbagai pihak yaitu tim kemahasiswaan Itera, UPA Bahasa dan pelatihan yang dilakukan secara rutin,” kata dia.

Baca juga: Itera berkomitmen menjadi kampus berkelanjutan 

Dia pun berharap dukungan dari seluruh pihak terutama sivitas akademika agar Tim Debat Itera mampu berbicara banyak pada KDMI 2024 Tingkat Nasional.

"Kami harap seluruh sivitas akademika Itera turut mendukung dan mendoakan Tim Debat Itera, agar dapat meraih hasil optimal pada perlombaan tingkat nasional nanti," kata dia.
 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024