Jakarta (ANTARA) -
Lima berita politik pada Senin (10/6) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari soal Kaesang maju pilkada hingga Prabowo lawatan ke Jordania.
 
Klik di sini untuk berita selengkapnya
 
1. Jokowi soal isu melarang putranya maju Pilkada Jakarta: Tanya Kaesang
 
 
Presiden Joko Widodo meminta wartawan menanyakan kepada Kaesang Pangarep soal isu dirinya melarang putranya tersebut maju dalam Pilkada Jakarta.
 
 
"Tanyakan yang mempunyai nama Kaesang Pangarep," kata Jokowi singkat usai menghadiri HUT Ke-52 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Jakarta, Senin.
 
 
Selengkapnya di sini
 
 
2. Prabowo ke Jordania wakili Presiden RI dukung gencatan senjata di Gaza
 
 
 
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mewakili Presiden RI Joko Widodo terbang dari Jakarta ke Jordania pada Minggu (9/6) malam untuk menyuarakan dukungan Indonesia terhadap gencatan senjata di Gaza, Palestina, dalam acara konferensi tingkat tinggi (KTT) di Amman, Jordania, Selasa (11/6).
 
 
 
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan Brigadir Jenderal TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Senin, menjelaskan konferensi tingkat tinggi itu digagas oleh Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sissi, Raja Jordania Abdullah II bin Al-Hussein, dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Gutteres.
 
 
 
Selengkapnya di sini
 
 
 
3. KPU sebut batas usia yang digunakan masih mengacu tanggal penetapan
 
 
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa batas usia calon kepala daerah yang digunakan masih mengacu pada tanggal penetapan pasangan calon, bukan pelantikan.
 
 
"Cara pandang kami (KPU, red.), sebetulnya yang bisa digunakan untuk memastikan ada kepastian hukum tentang seseorang itu umurnya genap 25 tahun untuk calon bupati, wali kota, atau genap 30 tahun calon gubernur, itu sebetulnya yang ada kepastiannya itu adalah ketika penetapan pasangan calon, 22 September 2024," kata Hasyim di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.
 
 
 
Selengkapnya di sini
 
 
 
4. Mendagri akan konsultasikan desartada kepada Presiden terpilih
 
 
 
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian akan mengonsultasikan desain besar penataan daerah (desartada) kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto.
 
 
“Tentu kami juga akan konsultasi kepada Presiden terpilih. Kira-kira perlu enggak kita membuat desain besar ini? Formatnya kira-kira seperti apa?” kata Tito dalam rapat kerja Komisi II DPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.
 
 
Selengkapnya di sini
 
 
 
5. TNI dan Polri cetak sejarah baru sabet penghargaan dari PBB
 
 
 
​​​​Jajaran TNI dan Polri mencetak sejarah baru lantaran para perwiranya mendapatkan penghargaan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Geneva, Swiss, untuk pertama kalinya.
 
Para perwira itu mendapatkan "Commemorative Medal of Peace" dalam acara "Blue Helmets Day 2024" di Markas PBB, Geneva, Swiss yang diselenggarakan dari Selasa (28/5) hingga Selasa (4/6).
 
 
Berdasarkan siaran pers resmi TNI AU yang dikutip ANTARA, Senin, personel TNI yang mendapatkan penghargaan di antaranya Perwira TNI AU Kolonel Adm Dr. (HC) Tri Ambar Nugroho, Brigjen TNI Edwin Adrian Sumanta, Kolonel Mar Arief Rahman Hakim, Kolonel Laut (P) Ario Sasongko dan Kolonel Laut (S) Ferry Mulyadi.
 
 
Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024