Saya imbau masyarakat memanfaatkan kesempatan ini
Tangerang (ANTARA) - Dinas lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Banten menggelar uji emisi secara gratis bagi kendaraan roda empat dengan target mencapai 700 unit per hari.

Kepala DLH Kota Tangerang Wawan Fauzi di Tangerang, Selasa, mengatakan kegiatan dilaksanakan di tiga lokasi berbeda mulai tanggal 11-13 Juni 2024

Kegiatan ini merupakan evaluasi kualitas udara perkotaan dan upaya mengendalikan kualitas udara di Kota Tangerang. Sebab fungsi dari uji emisi yaitu melihat polutan yang dikeluarkan oleh kendaraan itu memenuhi baku mutu atau tidak.

"Apakah bersih atau tidak, serta menjaga kualitas lingkungan serta udara di Kota Tangerang,  karena memang, uji emisi dilakukan untuk mengetahui kinerja mesin dan tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin kendaraan," katanya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup setiap orang yang menghasilkan emisi dari alat transportasi darat berbasis jalan yang telah memasuki masa pakai lebih dari tiga tahun, wajib memenuhi baku mutu emisi.

Pemenuhan baku mutu emisi ini juga dijadikan sebagai dasar pengenaan tarif pajak kendaraan bermotor.

"Untuk mengikuti uji emisi gratis khusus kendaraan roda empat ini, masyarakat hanya perlu membawa foto copy STNK saja," kata dia.

Sementara itu jadwal pelaksanaan uji emisi untuk Tangerang Selatan pada 11 Juni 2024 yakni di Jalan Jenderal Sudirman, Depan Komplek Imigrasi mulai pukul 08:00 WIB hingga selesai.

Lalu hari Rabu (12/6) di Jalan MH Thamrin, Apartemen Ayodhya dengan kuota 700 kendaraan roda empat. Kemudian Kamis (13/6) di Jalan STA 11/Metland Cyber City, Depan RS Mandaya.

"Saya imbau masyarakat memanfaatkan kesempatan ini, untuk sama-sama menjaga lingkungan dan udara," katanya.

Baca juga: Polisi sebut penerapan tilang uji emisi masih menunggu kesadaran warga
Baca juga: Jakarta Utara gelar uji emisi gratis peringati HUT ke-497 Jakarta
Baca juga: KLHK uji baku mutu emisi pabrik peleburan besi di Tangerang

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024