... bertahap sesuai kebutuhan pengungsi dan permintaan pemerintah Kabupaten Karo... "
Medan (ANTARA News) - Perum Bulog Sumatera Utara sudah menyalurkan beras untuk pengungsi Sinabung, Kabupaten Karo sebanyak 80 ton dan siap menambah bila diperlukan.

"Dilakukan bertahap sesuai kebutuhan pengungsi dan permintaan pemerintah Kabupaten Karo," kata Humas Bulog Sumatera Utara, Rudi Adlyn, di Medan, Sabtu. Secara keseluruhan, diperkirakan 18.000 warga setempat mengungsi setelah Gunung Sinabung terus meletus. 

Pada 2013 saat Gunung Sinabung meletus pada September, pengiriman beras ke pengungsi ada 30 ton dan pada 2014 hingga 15 Januari sebanyak 50 sehingga total 80 ton.

Beras Bulog yang disalurkan bagi pengungsi itu cadangan beras pemerintah yang bisa terus ditambah kalau memang diperlukan khususnya ada permintaan dari pemerintah setempat.

"Penyaluran ke pengungsi Sinabung dipastikan berjalan lancar karena stok beras di Sumut cukup aman atau bisa hingga pertengahan 2014," ujar Adlyn.

Dewasa ini, stok beras sekitar 70.000 ton termasuk 4.600 ton dari Sumastera Selatan yang sedang dibongkar di Pelabuhan Belawan.

Stok semakin aman karena akan ada tambahan sebanyak 2.100 ton yang juga berasal dari Sumatera Selatan dengan jadual masuk Senin (20/1).

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014