Lilongwe (ANTARA) - Sebuah pesawat Angkatan Pertahanan Malawi yang membawa Wakil Presiden Saulos Chilima dan sembilan orang lainnya hilang, pada Senin (10/6), kata Sekretaris Presiden dan Kabinet Colleen Zamba. "Semua upaya yang dilakukan oleh otoritas penerbangan untuk melakukan kontak sejak pesawat tersebut hilang dari radar sejauh ini telah gagal," kata Zamba. Zamba mengatakan bahwa pesawat tersebut gagal melakukan pendaratan yang dijadwalkan di Bandar Udara Mzuzu yang terletak di bagian utara negara tersebut pada pukul 10.02 waktu setempat pada Senin.

Presiden Malawi Lazarus Chakwera telah memerintahkan semua lembaga regional dan nasional agar melakukan operasi pencarian dan penyelamatan sesegera mungkin untuk menemukan keberadaan pesawat tersebut.

Pemimpin Malawi itu juga telah membatalkan jadwal keberangkatannya ke Bahama untuk menghadiri pertemuan yang digelar oleh Afreximbank.

Saulos sedang melakukan perjalanan ke pemakaman mantan Jaksa Agung sekaligus Menteri Kehakiman Malawi Ralph Kasambara yang ditemukan tewas di sebuah kamar di penginapan di Lilongwe, Malawi, Jumat (7/6). Jenazah Kasambara dimakamkan pada Senin di kampung halamannya di Nkhata Bay, beberapa kilometer dari Bandar Udara Mzuzu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024