Di sini bisa uji sampel pangan segar seperti daging, ikan, sayuran dengan cepat, tepat dan efektif
Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kota Jambi menyediakan laboratorium keliling dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk pengecekan mutu pangan.

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di Jambi, Selasa, mengatakan laboratorium keliling ini membantu masyarakat dalam mengecek kualitas makanan dan bahan pangan.

"Supaya pangan yang ada di Kota Jambi benar-benar terjamin kesehatannya dan mutunya melalui pengecekan di laboratorium mobile," kata Sri.

Layanan pengecekan ini, kata Sri, bukti kesungguhan Pemerintah Kota Jambi untuk menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat dalam mengkonsumsi bahan pangan di daerah setempat.

Ia mengatakan laboratorium keliling ini juga dapat dimanfaatkan oleh pedagang di pasar tradisional maupun modern dalam memastikan mutu pangan.

Sri menjelaskan sasaran laboratorium keliling ini bukan saja kepada pedagang, namun juga uji pangan untuk masyarakat umum.

Baca juga: Kota Jambi-Singapura kerja sama bidang pariwisata dan pengembangan SDM

Baca juga: Pupuk Indonesia luncurkan program Dokter Tani Masuk Desa di Jambi


Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi Evridal Asri mengatakan layanan pengecekan mutu pangan ini memberikan kepastian bagi masyarakat terkait ketersediaan pangan segar di wilayah setempat.

"Di sini bisa uji sampel pangan segar seperti daging, ikan, sayuran dengan cepat, tepat dan efektif," katanya.

Saat ini, Kota Jambi memiliki satu mobil laboratorium keliling yang layanannya diberikan gratis kepada masyarakat.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan akan menjadwalkan penempatan laboratorium keliling ini di pasar-pasar tradisional dan modern di Kota Jambi.

Hasil pengecekan ini, kata dia, dapat langsung diketahui masyarakat di hari yang sama.

"Untuk mengetahui ada indikasi pangan itu terkontaminasi atau terindikasi obat-obatan atau formalin. Hasilnya dapat langsung diketahui beberapa menit setelah uji," katanya.

Evridal menyebutkan sebelumnya, setiap hari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mendatangi pasar untuk mengecek kelayakan pangan berupa daging, ikan dan sayuran dari petani.

Baca juga: PLN: Listrik di Jambi telah pulih 100 persen

Baca juga: PNM Jambi beri pendampingan nasabah kembangkan kerajinan resam



 

Pewarta: Tuyani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024