Selain untuk meningkatkan pemasaran dari produk mereka, pelatihan juga dimaksudkan untuk menambah wawasan mitra binaan PLN...
Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) secara rutin memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam upaya peningkatan kualitas usaha.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi PT PLN (Persero) UIP Nusra Dede Mairizal melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Selasa, mengatakan pihaknya berharap dengan menggelar pelatihan secara rutin para pelaku UMKM binaan dapat meningkatkan kapasitas produksi, pemasaran, kualitas tenaga kerja, dan perizinan.

"Selain untuk meningkatkan pemasaran dari produk mereka, pelatihan juga dimaksudkan untuk menambah wawasan mitra binaan PLN Peduli tentang pentingnya brand awarness untuk digital branding," kata Dede.

Baca juga: Srikandi PLN Babel ambil bagian menjaga kelestarian lingkungan

Dalam upaya peningkatan kualitas usaha UMKM binaan, PLN pada 5 Juni 2024 telah melaksanakan pelatihan pemasaran produk melalui media sosial.

Kegiatan yang mengangkat tema "Your Network is Your Networth" itu diikuti 7 pelaku UMKM binaan PLN yang berada di Pulau Lombok.

"Pelatihannya dua hari dengan tujuan para UMKM mendapatkan literasi dan memperkuat daya saing dalam pemasaran di media sosial," ucapnya.

Dengan tujuan pelatihan demikian, pemateri mengajak para pelaku UMKM binaan untuk membedah fundamental merek dan pemasaran, dan praktik membuat konten maupun unggahan di media sosial agar dapat menjangkau target pasar dari produk UMKM masing-masing peserta.

Baca juga: PLN-Pemprov Sulut bersihkan muara DAS Tondano Pantai Manado

Ia  mengatakan dalam setiap kegiatan pelatihan, PLN turut membantu pembuatan akun para UMKM binaan di e-commerce.

"Sekarang 'kan eranya digital, sehingga para pelaku UMKM juga perlu memahami salah satu cara memasarkan hasil produk mereka di toko digital. Makanya, dalam setiap pelatihan, kami juga membantu para UMKM memiliki akun toko online di e-commerce," ujar Dede.

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024