Pemberangkatan jamaah calon haji di Bandara Kertajati yang dimulai sejak 11 Mei hingga 10 Juni 2024 telah terlaksana dan berjalan dengan lancar
Majalengka (ANTARA) -
Pengelola Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mencatat sebanyak 13.200 calon haji yang terbagi dalam 30 kloter sudah diberangkatkan ke Makkah, Arab Saudi dengan penerbangan terakhir dilaksanakan pada 10 Juni 2024.
 
“Pemberangkatan jamaah calon haji di Bandara Kertajati yang dimulai sejak 11 Mei hingga 10 Juni 2024 telah terlaksana dan berjalan dengan lancar,” kata Executive General Manager (EGM) Bandara Kertajati Indra Crisna S di Majalengka, Jabar, Selasa.
 
Indra mengatakan seluruh calon haji tersebut berasal dari sembilan kota dan kabupaten di Jabar yakni Subang, Bandung, Cirebon, Majalengka, Kuningan, Indramayu serta Sumedang.
 
Menurut dia, pemberangkatan haji tahun ini berjalan lancar dan tidak ada kendala yang menghambat penerbangan di bandara tersebut.
 
Apalagi, kata Indra, BIJB menjadi salah satu bandara yang melakukan penerbangan tanpa adanya transit. Artinya jamaah calon haji diberangkatkan langsung dari Kertajati ke Jeddah menggunakan pesawat Saudia Airlines dengan tipe Boeing 777-300ER.

Baca juga: Pemprov Jabar turunkan biaya avtur tingkatkan rute di BIJB Kertajati

Baca juga: Penerbangan dari Kertajati ke Singapura dibuka September 2024
 
“Bandara Kertajati telah melayani 13.200 calon haji dan seluruhnya berjalan dengan lancar. Kelancaran ini juga atas kolaborasi yang baik dengan PT BIJB, Saudia Airlines dan instansi-instansi lainnya,” tuturnya.
 
Ia menyampaikan, pihaknya terus memberikan layanan terbaik kepada para penumpang, termasuk menyediakan fasilitas yang dibutuhkan demi kelancaran penerbangan di bandara tersebut.
 
Sementara VP of Corporate Secretary PT BIJB Dian Nurrahman mengemukakan dengan lancarnya pemberangkatan haji tahun ini, maka Bandara Kertajati pun siap untuk melaksanakan kegiatan tersebut pada tahun berikutnya.
 
Selain itu, tambah dia, dalam waktu dekat Bandara Kertajati juga akan segera melayani penerbangan umrah.
 
"Sebanyak 13.200 calon haji bukanlah jumlah yang sedikit, namun terbukti Bandara Kertajati dapat melayani jamaah dengan baik dan lancar. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait karena pemberangkatan haji berjalan lancar,” ujar Dian.

Baca juga: BIJB Kertajati catat jumlah penumpang angkutan Lebaran lampaui target

Baca juga: Bey dorong rute BIJB Kertajati ditambah untuk dongkrak okupansi

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024