Tanjungpinang (ANTARA) - Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) Aiyub mengatakan pendaftar program beasiswa mahasiswa tahun anggaran 2024 di provinsi itu mencapai 2.200 orang.

"Kuota penerima beasiswa mahasiswa tahun ini sebanyak 1.500 orang," kata Aiyub di Tanjungpinang, Selasa.

Aiyub menyebut pendaftaran beasiswa mahasiswa Pemprov Kepri dibuka sejak Maret hingga April 2024, lalu diperpanjang sampai 10 Mei 2024. 

Baca juga: Pemprov Kepri alokasikan dana Rp4,5 miliar untuk beasiswa mahasiswa

Setelah dilakukan verifikasi berkas, kata Aiyub, terdapat 1.740 pendaftar lolos administrasi dari total 2.200 yang mendaftar.

"Sekarang dalam tahap verifikasi faktual, sehingga yang akan diterima 1.500 pendaftar, sisanya 240 pendaftar tersingkir," ujarnya.

Aiyub menjelaskan program beasiswa mahasiswa tahun 2024, terdiri atas dua kategori, yaitu untuk mahasiswa berprestasi dan kurang mampu.

Adapun kriteria mahasiswa berprestasi, harus memiliki indeks prestasi semester (IPS) mahasiswa minimal 3,2. Sedangkan mahasiswa tidak mampu, IPS minimal 3.

Para mahasiswa mendaftar program beasiswa secara online melalui aplikasi website https://beasiswa.kepriprov.go.id. Program ini terbuka untuk masyarakat Kepri yang kuliah di dalam maupun luar daerah.

"Kita lebih mengutamakan mahasiswa kuliah dalam Kepri (80 persen), dan di luar Kepri (20 persen)," ungkapnya.

Ia menyampaikan anggaran beasiswa mahasiswa tahun ini sebesar Rp4,5 miliar untuk 1.500 penerima. Masing-masing mahasiswa menerima Rp3 juta.

Adapun rincian penerimanya, terdiri atas D3 jalur prestasi dalam daerah Kepri (exact dan nonexact) sebanyak 100 orang, D3 kurang mampu dalam daerah Kepri sebanyak 100 orang, S1/Diploma IV jalur prestasi dalam daerah Kepri sebanyak 250 orang.

Selanjutnya, S1/Diploma IV jalur prestasi dalam daerah Kepri sebanyak 250 orang, S1 jalur kurang mampu dalam daerah Kepri sebanyak 750 orang, serta jalur prestasi luar daerah Kepri sebanyak 300 mahasiswa.

Baca juga: 200 mahasiswa di Kepri peroleh beasiswa dari BRIN

Baca juga: Pemkab Natuna sosialisasikan beasiswa kuliah gratis


"Untuk jadwal dan persyaratan lengkapnya bisa dilihat di laman website https://beasiswa.kepriprov.go.id," ungkap Aiyub.

Aiyub menambahkan program beasiswa mahasiswa/i bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kepri, sehingga mampu menjadi generasi penerus yang kompetitif, produktif, dan inovatif memajukan bangsa Indonesia.

Pemprov Kepri bersama DPRD terus berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan, terutama dari segi program beasiswa setiap tahunnya, sehingga pelayanan dasar pendidikan merata ke semua lapisan masyarakat.

"Kami berupaya maksimal program ini terlaksana setiap tahunnya, bahkan anggarannya akan ditambah sesuai kemampuan APBD Kepri," kata Aiyub.

Pewarta: Ogen
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024