Jakarta (ANTARA) - Data platform pemutaran audio Spotify menunjukkan bahwa siaran video podcast semakin diminati oleh pengguna layanannya dan siaran podcast dalam format video telah meningkat menjadi enam kali lipat dibandingkan dengan format audio.

"Sejak format video podcast hadir di Indonesia dua tahun yang lalu, kami selalu membayangkannya dapat menyediakan ruang bagi para kreator dalam berekspresi dan mengeksplorasi berbagai cara baru untuk terhubung serta berinteraksi dengan para pendengar," kata Kepala Studio Spotify Asia Tenggara Carl Zuzarte seperti dikutip dalam siaran pers perusahaan yang diterima di Jakarta, Selasa.

"Kami begitu bersemangat melihat bagaimana format ini terus berkembang dan mengubah kebiasaan para pendengar dalam mengonsumsi konten podcast di Spotify," katanya.

Faktor yang membuat video podcast di Spotify semakin diminati antara lain format siaran tersebut memungkinkan pengguna layanan melihat ekspresi kreator, respons narasumber, hingga latar tempat perekaman.

Baca juga: Podcast genre komedi jadi salah satu primadona di Spotify
Baca juga: Youtube Music kini dukung pemutaran podcast di Wear OS


Format video podcast juga membuat kreator dapat lebih leluasa membangun interaksi dengan penikmat siaran.

Dalam setahun terakhir, terjadi peningkatan sebesar 24 persen dalam rata-rata streaming harian siaran podcast dengan genre Mitologi dan Horor di Spotify, termasuk Lentera Malam.

Para pendengar telah menjadi bagian penting dalam proses pembuatan episode Lentera Malam.

Adhit dan Jamal selaku kreator Lentera Malam melibatkan pendengar dalam pembuatan episode mendatang dengan memanfaatkan fitur-fitur di Spotify, salah satunya Polls.

Hadirnya format video podcast di Spotify membuat mereka bisa menghadirkan atmosfer yang lebih mencekam ketika menyajikan cerita horor di Lentera Malam.

Meskipun episode podcast mereka telah hadir dalam bentuk video, kemudahan navigasi untuk berpindah dari format video ke audio atau sebaliknya di Spotify membuat penikmat siaran bisa lebih leluasa memilih untuk menonton atau hanya mendengarkan podcast mereka.

Sejak mengunggah episode pertamanya pada 28 Mei 2020, jumlah penikmat siaran kanal Lentera Malam terus meningkat pesat.

Lentera Malam bahkan dinobatkan sebagai Top Horror Podcast of the Year di Indonesia versi WRAPPED 2023.

Baca juga: Apple Podcast kenalkan fitur transkrip
Baca juga: Spotify siapkan fitur penerjemahan suara untuk podcast

 

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024