Jakarta (ANTARA) - Pembalap McLaren Lando Norris mengatakan senang dengan raihan P2, 3,879 detik di belakang pembalap Red Bull Max Verstappen di Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Kanada di Sirkuit Gilles-Villeneuve, Montreal, Minggu (9/6).

Dengan rekan setimnya Oscar Piastri yang finis P5, pemenang GP Miami itu mengatakan balapan di Montreal adalah “akhir pekan yang baik” bagi timnya.

Norris menempati posisi ketiga pada tahap awal balapan dengan sirkuit basah, sebelum kemudian mencatat waktu yang lebih baik saat kondisi sirkuit membaik untuk posisi pertama.

Namun, Safety Car yang kembali muncul ketika Logan Sargeant mengalami insiden membuat Norris kehilangan posisinya, dengan Max Verstappen dan George Russell yang berhasil masuk pit lebih awal dan kembali ke sirkuit untuk mendahului pembalap asal Inggris tersebut.

Norris akhirnya melewati garis finis dengan finis di posisi kedua, memenangi duelnya dengan Russell di posisi ketiga dengan keunggulan 0,438 detik.

“Sejujurnya, menurut saya ini adalah balapan yang cukup sempurna, hanya sedikit kurang beruntung, tapi itulah yang terjadi. Menyenangkan sekali, kondisi di dalam mobil ini sangat menegangkan, namun sekaligus sangat menyenangkan," kata Norris, dikutip dari laman resmi F1, Selasa.

“Stint pertama saya memimpin dengan selisih 10, 12 detik, mungkin terpaut dua hingga tiga detik per putaran. Segalanya berjalan dengan baik dan tentu saja ini adalah Montreal, jadi selalu ada sesuatu yang bisa dimanfaatkan," tambahnya.

“Tapi itu bagus, fair play untuk Max Verstappen, dia menjalani balapan dengan baik, tidak ada kesalahan. Ini sangat menyenangkan, saya senang dengan posisi kedua, poin yang bagus untuk tim, jadi akhir pekan yang baik untuk kami," lanjutnya.

Baca juga: Hattrick kemenangan di Kanada, Verstappen: Itu balapan yang cukup gila

Meski balapan di Montreal menurutnya "sedikit kurang beruntung", pembalap 24 tahun itu mengaku puas dan turut memuji kinerja timnya.

“Saya menjalani balapan dengan baik, mobilnya bagus sepanjang akhir pekan, jadi terima kasih kepada tim. Kami sudah dekat, senang sekali bisa dekat sekali lagi dan naik podium, jadi kami akan terus berjuang," ujarnya.

Sementara itu, rekan setim Norris, Piastri, menambahkan perolehan posisi kelima di Montreal menurutnya dapat berakhir dengan hasil yang jauh lebih baik.

“Saya pikir mungkin ada beberapa hal dalam balapan di mana jika kami melakukan segalanya sedikit lebih baik, maka saya sendiri dan tim, kami bisa mendapatkan hasil yang lebih baik atau mungkin peluang lebih besar untuk mendapatkan hasil yang lebih baik,” katanya.

P2 di Montreal membuat Norris bertengger di posisi ketiga klasemen sementara dengan 131 poin, terpaut tujuh poin dari Lecrerc di posisi kedua dan terpaut 63 poin dari pimpinan klasemen Verstappen. Bagi Piastri, P5 di Montreal membuatnya tetap di posisi keenam dengan 81 poin.

Dengan dua pembalapnya di posisi lima besar, McLaren kini berada di posisi ketiga klasemen konstruktor dengan 212 poin, mendekati Ferrari dengan selisih 40 poin setelah dua pembalapnya Charles Lecrerc dan Carlos Sainz gagal finis di Montreal.

Baca juga: Yuki Tsunoda akan tetap bersama RB musim depan
Baca juga: Leclerc tak mengerti mengapa mobilnya lambat di kualifikasi GP Kanada

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024