Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat membuka pelayanan uji emisi untuk kendaraan dinas operasional (KDO) dan milik pribadi pegawai secara gratis atau tidak dipungut biaya di Kantor Wali Kota setempat.
 
Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Chaidir mengatakan, pelaksanaan uji emisi ini sesuai dengan Pergub Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.
 
"Bagi KDO yang tidak lolos uji emis, saya imbau segera mengkalibrasi dan rutin melakukan servis kendaraan. Tujuannya meminimalisir polusi udara dari asap kendaraan," kata Chaidir di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa.
 
Chaidir menyebutkan, kegiatan ini bertujuan memantau ambang batas emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor baik roda dua dan empat serta sebagai salah satu persyaratan memperpanjang surat kendaraan.
 
Chaidir berharap bila ada kendaraan OPD yang tidak lolos uji emisi segera bisa ditindaklanjuti dengan melakukan perbaikan dan tidak mengabaikannya, termasuk bila ada kendaraan pribadi pegawai yang tidak lolos uji emisi agar menjadi perhatian pemiliknya.

Baca juga: Jakarta Pusat gelar uji emisi gratis empat kali tahun ini
Baca juga: Uji emisi gratis di Jakarta Pusat diikuti 200 mobil
 
Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Pusat Slamet Riyadi mengatakan, kegiatan uji emisi ini menyasar kendaraan roda dua dan roda empat KDO serta kendaraan pribadi pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB siang ini.
 
"Hingga pukul 12.30 tadi, sebanyak 130 kendaraan mengikuti uji emisi. Terdiri dari 57 motor, 51 mobil bensin dan 22 mobil solar," kata Slamet.
 
Salah satu peserta uji emisi di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus), yakni mobil kendaraan dinas operasional Dinas Perhubungan (Dishub) Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.
 
"Kegiatan ini bagus dilaksanakan untuk mengevaluasi tingkat uji emisi. Kendaraan dinas yang jadi percontohan untuk warga lain dalam melakukan uji emisi agar tingkat polusi tidak tinggi," kata Pengurus Barang Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakpus Firmansyah.
 
Firmansyah mengatakan, pihaknya rutin melakukan perawatan kendaraan sebagaimana yang dianggarkan setiap tahunnya.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024