Ambon (ANTARA News) - Pesawat yang jatuh dan terbakar di pantai Un, Kota Tual, Maluku merupakan pesawat carteran bermesin tunggal milik PT Intan Angkasa.

"Pesawatnya jenis Pilatus single engine dengan nomor register PK-IWT dan menggunakan satu baling-baling jatuh di pantai Un, Kota Tual pukul 12.10 WIT," kata Kepala Bandara Dumatubun Langgur, Amran Hamid yang dihubungi dari Ambon, Minggu.

Pihak Bandara Dumatubun mengemukakan pesawat tersebut melakukan penerbangan tidak terjadwal di Bandara Dumatubun Langgur dan rencananya akan melakukan pengisian bahan bakar kemudian melanjutkan perjalanan ke Baubau.

Menurut Amran, pihaknya masih menunggu kepastian dari Bandara Sentani, Jayapura untuk mengetahui nama pilot dan penumpang serta isi muatannya.

"Kami juga telah memberikan laporan awal tentang kronologi kejadian ke pusat, dan kemungkinan akan ada tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi untuk melakukan penyelidikan," katanya.

Amran  menduga salah satu faktor penyebab pesawat itu terjatuh akibat cuaca yang sangat buruk karena wilayah Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual sedang hujan lebat disertai aingin kencang.

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014