Saya kerapkali menjalani laga-laga besar. Tim-tim yang sedang mengalami kesulitan biasanya mampu tampil luar biasa. United tetaplah United.
London (ANTARA News) - Ini kali pertama laga kandang bagi kubu Chelsea mengawali ziarah tahun 2014 dengan menjamu Manchester United di Stamford Bridge.

Laga ini benar-benar bagaikan air bah kemuliaan bagi kedua tim, karena menyandang predikat sebagai laga akbar selama perjalanan pekan ini di ajang Premier League.

The Blues boleh berkacak pinggang di hadapan kubu Setan Merah. Pasukan asuhan pelatih Jose Mourinho itu mencatatkan rekor relatif gemilang dengan tidak terkalahkan dalam enam laga terakhir mereka.

Torres dan kawan-kawan memasukkan 10 gol, dan kebobolan hanya satu gol. Jelas capaian ini bukan perkara mudah saja bagi skuad asuhan David Moyes.

Pecinta bola sejati silakan menikmati laga prestisius ini manakala Chelsea menjamu Manchester United dalam laga Premier League yang diadakan pada Minggu malam, pukul 23.00 WIB. Pertandingan ini akan ditayangkan SCTV.

The Special One, julukan bagi Mourinho, bukan semata bakul pencitraan di etalase Premier League. Pelatih asal Portugal siap mengerahkan tenaga, pikiran dan konsentrasi untuk mengalahkan Manchester United.

Manchester United kini benar-benar sedang dirundung duka. Juara Premier League musim lalu ini benar-benar berjibaku dari satu laga ke laga lain. Kini Manchester terlempar dari posisi lima besar. Wayne Rooney dan kawan-kawan kini berada di peringkat ketujuh klasemen Premier League dengan mengoleksi 37 poin.

Tempat pertama disabet Arsenal dengan mengoleksi 48 poin, menyusul Manchester City (47 poin), Chelsea (46 poin), Liverpool (42 poin). Manchester United justru berada di bawah Everton (41 poin) dan Tottenham (40 poin).

Transisi di markas MU dari Alex Ferguson kepada Moyes demikian menguras keprihatinan. Fans sejati Manchester United sempat berbunga-bunga lantaran menyaksikan kiprah Robin van Persie yang demikian produktif dengan menjaringkan tujuh gol, sementara
Wayne Rooney memproduksi sembilan gol. Kedua pemain ini membuktikan diri sebagai mesin gol bagi timnya.

Sayang seribu sayang, malang tak dapat diraih, untung tak dapat diharap. Kedua mesin gol bagi MU itu besar kemungkinan absen ketika melawan Chelsea. Kedua pemain itu sama-sama masih dibekap cedera.

Keprihatinan berulangkali diterima pasukan Moyes. Sederet pemain di kubu MU masih belum pulih seratus persen. Selain Van Persie, ada Wayne Rooney, Patrice Evra (lutut), Marouane Fellaini (pergelangan), Ashley Young (cedera ahu) dan Nani (hamstring).

Dan Moyes kiranya melewati perjalanan sarat onak bebatuan, karena ada sejmlah pemain berpengalaman yang justru masih bergulat dengan  cedera, sebut saja  Rio Ferdinand (kaki), Phil Jones (engkel), dan Jonny Evans (tulang belakang).

Duet RvP bersama Rooney hilang dari peredaran tidak memperkuat klubnya sejak 10 Desember 2013. Kini Moyes mengandalkan Danny Welbeck yang kini telah mengoleksi delapan gol. Sementara, Chelsea di bawah asuhan Mourinho tampil beringas melibas setiap lawan.

The Blues mampu menorehkan catatan rekor bertanding yang luar manakala berlaga di Stamford Bridge dengan memasukkan 21 gol dan kemasukan delapan gol. Ini juga tidak lepas dari kiprah mumpuni dari Petr Chech di bawah mistar gawang.
 
Anatomi kedua tim:
* Jose Mourinho benar-benar menikmati peran sebagai "The Godfather" dengan kembali melatih Chelsea, menyusul pensiunnya Alex Ferguson.

* Moyes kini sedang benar-benar berjuang untuk mencari guna mendapatkan komposisi pemain yang relatif kuat dapat diandalkan setiap waktu, sementara Mourinho menghirup oksigen dengan leluasa memperoleh tambahan tenaga di sektor gelandang pada pekan ini, dengan kedatangan Nemanja Matic.

* United hanya menang lima kali dari 20 petandingan yang dihelat di Stamford Bridge selama perjalanan Premier League.

* Gelandang Chelsea, Frank Lampard siap unjuk gigi setelah pulih dari cedera untuk membuat kocar-kacir kubu pertahanan Manchester United.

Komentar kedua pelatih:

Jose Mourinho (Chelsea):
"Saya kerapkali menjalani laga-laga besar. Tim-tim yang sedang mengalami kesulitan biasanya mampu tampil luar biasa. United tetaplah United."

"Jarak 11 poin relatif berat. Ini yang sedang dialami United. Dan saya yakin mereka terus berjuang mengejar poin demi poin. Tak perlu bersimpati dengan Moyes karena dia toh sedang menjalankan tugas yang fantastis. United percaya penuh kepada kemampuan manajernya. Dan klub mendukung dia sepenuhnya."

David Moyes (Manchester United):
"Wayne tidak cukup siap untuk bertanding melawan Chelsea. Ia masih memerlukan waktu pemulihan dari cedera betis. Saya dengan seksama memantau dia ketika latihan tadi. Ia berangsur pulih, dan kami senang."

"Saya berharap Robin dapat mulai kembali berlatih pekan depan. Kita ingin dia kembali turun ke lapangan pertandingan sesegera mungkin. Ini jelas-jelas dapat memompa semangat kami. Ia pemain penting bagi kami."

Prakiraan susunan pemain:
Chelsea (4-2-3-1):
Cech (penjaga gawang), Cole, Terry, Cahill, Azplicueta, Ramires, Luiz, Hazard, Oscar, Willian, Torres
Pemain cadangan:
Scwahrzer, Mikel, Schuerrle, Etoo, Mata, Bertrand, Matic.

Manchester United (4-2-3-1):
De Gea (penjaga gawang), Smalling, Vidic, Evans, Rafael, Fletcher, Carrick, Valencia, Januzaj, Kagawa, Welbeck
Pemain cadangan:
Lindegaard, Buttner, Hernandez, Lingaard, Giggs, Cleverley, Zaha

 Prediksi hasil laga (Goal.com)    

* Chelsea FC 2-0 Manchester United (16,77 persen)
* Chelsea FC 1-2 Manchester United (14,38 Persen)
* Chelsea FC 2-1 Manchester United (12.12 persen)
 
Head to Head

Premier League ‎(EPL)‎  
26 Aug 2013     Manchester United 0 - Chelsea FC 0     
 5 May 2013     Manchester United 0 - Chelsea FC 1     

FA Cup ‎(FA)
1  Apr 2013     Chelsea FC 1 - Manchester United 0     
10 Mar 2013     Manchester United 2 - Chelsea FC 2     
    
Capital One Cup ‎(CCUP)‎
31 Oct 2012     Chelsea FC 5 - Manchester United 4     
 
Lima laga terakhir:

Chelsea FC  
11 Jan 2014    Hull City 0 - Chelsea FC 2    EPL
5 Jan 2014    Derby County 0 - Chelsea FC 2    FA
1 Jan 2014    Southampton 0 - Chelsea FC 3    EPL
29 Dec 2013    Chelsea FC 2 - Liverpool 1    EPL
26 Dec 2013    Chelsea FC 1 - Swansea City 0    EPL

Manchester United  
11 Jan 2014    Manchester United 2 - Swansea City 0    EPL
7 Jan 2014    Sunderland 2 - Manchester United 1    CCUP
5 Jan 2014    Manchester United 1 - Swansea City 2    FA
1 Jan 2014    Manchester United 1 - Tottenham 2    EPL
28 Dec 2013    Norwich City 0 - Manchester United 1
   
 
Narasi prediksi:
* Manchester United racikan Moyes "berbeda" dengan Manchester United racikan Alex Ferguson. Ini makin diperparah dengan belum pulihnya sejumlah pemain andalan dari Setan Merah. Van Persie dan Rooney absen ketika menghadapi Chelsea.

* Penampilan Chelsea di bawah Mourinho terus menunjukkan grafik meningkat. Mereka tampil sebagai tim yang tidak mudah dikalahkan oleh tim mananpun. Chelsea diibaratkan sebagai "tim dinamit" yang siap meledak di kompetisi musim ini.

* Manchester United menghadapi masalah kronis di lini depan, sementara lini pertahanan relatif rapuh. Manajer sekelas Mourinho mampu menemukan ramuan jitu untuk memorapporandakan pertahanan MU.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Chelsea: 2
Manchester United: 0    

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014