Mereka nanti turut akan mengenali sarana dan prasarana yang akan mereka gunakan untuk pembelajaran sehari-hari
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta para guru pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk dapat menyiapkan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dengan baik.

“Guru PAUD diharapkan dapat mempersiapkan masa pengenalan lingkungan sekolah dengan baik,” kata Ketua Tim Kerja DPK Direktorat Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbudristek Isniyati Sulistiani dalam Webinar Selasa SERU Kemendikbudristek di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Pemerhati: Perlu pelatihan bagi guru SD untuk isi kegiatan MPLS

Isniyati mengatakan, tujuan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa adalah mengenalkan anak pada kondisi yang baru baik terkait lingkungan, guru, teman-teman, dan sebagainya.

Ia menjelaskan, nantinya siswa PAUD juga akan belajar membangun kekompakan dan kebersamaan serta memahami kultur dan nilai sekolah di mana mereka akan bersekolah.

“Mereka nanti turut akan mengenali sarana dan prasarana yang akan mereka gunakan untuk pembelajaran sehari-hari,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Isniyati menekankan guru sangat berperan untuk mengenali potensi anak serta mengurangi rasa cemas dan stres yang biasanya terjadi pada anak di lingkungan yang baru termasuk saat mereka pertama masuk ke sekolah.

Baca juga: Kepala SMPN 1 Ciambar ditetapkan tersangka kasus siswa tewas saat MPLS

Meski demikian, ia juga meminta orang tua untuk bisa berkolaborasi dengan baik bersama guru dalam MPLS karena akan sangat membantu anak untuk bisa merasakan bahwa sekolah itu menyenangkan.

Menurutnya, MPLS merupakan momen penting untuk orang tua dan guru untuk saling menjalin komitmen mengenai akan seperti apa sekolah tempat anak-anak beraktivitas ini dibentuk serta dukungan apa yang diperlukan oleh orang tua.

Guru dapat berinteraksi dengan orang tua murid yang baru sehingga dengan pemahaman yang lebih baik tentang nilai dan lingkungan sekolah diharapkan orang tua dapat bekerja sama dengan pihak sekolah.

“Hal ini akan membantu menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dan menyenangkan bagi anak-anak kita,” katanya.

Baca juga: Polres Sukabumi autopsi jenazah pelajar SMP tewas saat MPLS

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024