sekarang menyusun jadwal yang tepat bersama liga
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umun PSSI, Erick Thohir memastikan jadwal Liga Indonesia memberi kelonggaran persiapan timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Mantan Presiden Inter Milan tersebut mengungkapkan bahwa telah mengkomunikasikan dengan PT LIB, selaku operator liga, untuk memberikan waktu jeda agar skuad Garuda nantinya mampunyai persiapan tiga atau empat hari jelang bertanding di pertandingan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Saya sudah minta Liga (PT LIB) untuk FIFA match day selama tiga atau empat hari (jeda) untuk timnas bisa berkumpul. Tidak langsung istilahnya satu dua hari berkumpul langsung tanding karena kelasnya lebih tinggi," kata Erick Thohir kepada pewarta, Selasa.

"Ini liga menyanggupi dan kita sekarang menyusun jadwal yang tepat bersama liga. Karena ini kan 2025 masih ada di bulan Maret dan Juni untuk empat pertandingan sisanya di tahun ini," imbuh Erick.

Sebelumnya, tim Garuda mengamankan tiket ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, setelah menang 2-0 atas tamunya Filipina.

Indonesia menduduki posisi kedua di klasemen akhir Grup F, dengan koleksi sepuluh poin. Meski tersisa satu pertandingan lagi antara Irak menghadapi Vietnam.

Jumlah poin yang dikoleksi oleh tim asuhan Shin Tae-yong tersebut sudah tak mampu dikejar Vietnam yang kini di posisi ketiga dengan enam poin, dengan apa pun hasil melawan Irak di Stadion Internasional Basra pada Rabu (12/6) pukul 01.00 WIB, sudah tak berpengaruh pada nasib The Golden Stars di babak kualifikasi.

Di putaran ketiga nantinya, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan akan bersaing dengan 17 negara lainnya termasuk Jepang, Qatar, Korea Selatan, hingga Australia, untuk memperebutkan enam tempat lolos otomatis ke Piala Dunia 2026 yang dimainkan pertama kalinya di tiga negara, yaitu di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Sebanyak 18 tim di putaran ketiga akan dibagi tiga grup yang diisi enam tim dengan dua tim teratas dari setiap grup otomatis lolos ke Piala Dunia 2026.

Baca juga: Erick Thohir sanjung semangat juang timnas Indonesia

Baca juga: Jokowi buat "vlog" usai timnas Indonesia kalahkan Filipina

Baca juga: Jokowi: Sejarah tercipta Indonesia lolos ke putaran ketiga Piala Dunia

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024