Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir berharap tim nasional Indonesia diberi kesempatan melaju ke Piala Dunia 2026.

Menurut Erick, hasil tersebut juga tidak terlepas dari performa impresif tim Merah Putih pada Piala Asia U-23 lalu yang hampir memastikan satu tiket menuju Olimpiade Paris 2024.

"Kemarin kita tidak jumawa tapi selangkah lagi menuju Olimpiade. Mudah-mudahan kita diberi kesempatan ke Piala Dunia," kata Erick Thohir kepada pewarta di Jakarta, Selasa.

Tim Garuda kini dipastikan melangkah ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, setelah membungkam Filipina 2-0.

Indonesia saat ini menduduki posisi kedua di klasemen Grup F, dengan koleksi sepuluh poin. Meski tersisa satu pertandingan lagi antara Irak menghadapi Vietnam.

Jumlah poin yang dikoleksi oleh tim asuhan Shin Tae-yong tersebut sudah tak dapat dikejar oleh Vietnam yang menempati posisi ketiga dengan enam poin.

Baca juga: Erick Thohir sanjung semangat juang timnas Indonesia

Baca juga: Jokowi: Sejarah tercipta Indonesia lolos ke putaran ketiga Piala Dunia


Menanggapi calon lawan di putaran ketiga nanti, Erick mengatakan semua tergantung pada undian grup. Namun mantan Presiden Inter Milan tersebut akan mempersiapkan skuad Garuda sebaik mungkin agar mampu lolos ke putaran berikutnya dengan menganalisis setiap calon lawan di grup nanti.

"Yang pasti kita tidak bisa memilih lawan, semua tergantung pembagian grup. Baru nanti kita menganalisis, posisi kita seperti apa, kekuatan kita dan kekurangan kita nanti kita tambal," ujar Erick yang merupakan Menteri BUMN tersebut.

Pada
putaran ketiga nanti, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan akan bertempur dengan calon lawan dari 17 negara di antaranya Jepang, Qatar, Korea Selatan, hingga Australia, untuk memperebutkan enam tiket lolos otomatis ke Piala Dunia 2026.

Sebanyak 18 tim di putaran ketiga akan dibagi ke dalam tiga grup yang setiap grup diisi enam tim dengan dua tim teratas dari setiap grup otomatis lolos ke Piala Dunia 2026.


Baca juga: Sejarah terukir, Indonesia lolos ke putaran ketiga Piala Dunia 2026

Baca juga: Klasemen Grup F: Indonesia temani Irak lolos ke putaran ketiga

Baca juga: Shin Tae-yong evaluasi penampilan lini depan timnas Indonesia

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024