Jakarta (ANTARA) - Gelandang tim nasional Indonesia Thom Haye kehabisan kata-kata soal gol yang dicetaknya ke gawang Filipina, pada pertandingan Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa.

Gol yang sekaligus merupakan gol perdana Thom bagi timnas Indonesia itu, dibukukan pada menit ke-31 melalui sepakan jarak jauh dari luar kotak penalti. Itu juga merupakan gol pemecah kebuntuan pada laga yang penting bagi tim Garuda ini.

“Malam istimewa bagi saya, gol debut di GBK untuk tim nasional, saya ditonton keluarga dan juga teman-teman saya, saya bisa merayakan ini bersama mereka, dan itu sangat spesial bagi saya,” kata Thom pada konferensi pers purna laga.

Baca juga: Laporan pertandingan: Indonesia tundukkan Filipina 2-0

Pada pertandingan itu, Stadion Utama GBK dipadati oleh sekira 64.000 penonton. Thom menilai dukungan dari para penonton sangat membakar semangat ia dan rekan-rekan setimnya.

“Pertama-tama, atmosfernya sulit dijelaskan, coba deh rasakan sendiri, sangat istimewa, antusiasme masyarakat bisa dirasakan di atas lapangan oleh para pemain. Ini adalah sesuatu yang benar-benar istimewa bagi para pemain di atas lapangan. Saya rasa ini adalah kualitas dari bermain di kandang, selalu mendapatkan dukungan sehebat ini dari para penggemar,” ucap mantan pemain Heerenveen itu.

Baca juga: Sejarah terukir, Indonesia lolos ke putaran ketiga Piala Dunia 2026

Dalam pandangan Thom, kualitas timnas Indonesia semakin baik seiring berjalannya waktu. Ia pun menatap putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan optimistis.

“Sekarang kami lolos ke putaran ketiga, dan saya kira di laga lawan Vietnam, dapat dilihat ada beberapa perubahan di tim, kami makin kuat, bisa dirasakan kami makin padu. Dan penting ketika kita percaya dapat meraih seusatu yang lebih ke depannya, dan itu membuat kami jadi lebih kuat,” ujar pemain yang dijuluki "profesor" itu.

“Kami tidak akan berhenti di sini. kami saling percaya satu sama lain, dan di putaran selanjutnya kami akan menunjukkan kemampuan kami. Memang kami kalah lawan Irak, tetapi sekarang saya tidak sabar untuk merasakan tantangan di putaran ketiga nanti,” yakin pemain 29 tahun itu.

Sejauh ini sudah ada 16 tim yang memastikan lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Selain Indonesia, mereka adalah Australia, Bahrain, China, Iran, Irak, Jepang, Yordania, Korea Utara, Oman, Palestina, Qatar, Arab Saudi, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, dan Uzbekistan.

Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang mampu lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca juga: Erick Thohir: Mudah-mudahan kita diberi kesempatan ke Piala Dunia 2026

Baca juga: Shin Tae-yong evaluasi penampilan lini depan timnas Indonesia

Baca juga: Klasemen Grup F: Indonesia temani Irak lolos ke putaran ketiga


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024