Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Irak menyapu bersih kemenangan di Grup F setelah menekuk Vietnam 3-1 pada pertandingan keenam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di Basra International Stadium, Basra, Irak, Rabu dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini Irak kini tidak pernah sekali pun menelan kekalahan selama melakoni pertandingan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Memulai babak pertama, Irak terus menekan pertahanan Vietnam. Pergerakan umpan satu dua antar pemain Irak di lini tengah menyulitkan para pemain Vietnam untuk mengatur ritme permainan.

Irak langsung unggul pada menit ke-12, melalui kerja sama umpan satu dua antara Mohanad Ali dengan Hussein Ali Haidar, membuat celah kosong di sektor tengah Vietnam. Hussein Ali Haidar langsung melepaskan sepakan kaki kanan yang membawa Irak unggul cepat 1-0.

Lima menit berselang, Nguyen Filip harus melakukan pelanggaran keras di dalam kotak penalti membuat Irak berkesempatan untuk menggandakan keunggulan. Namun tendangan dari titik putih Mohanad Ali menyamping di sisi kiri gawang.

Dalam kondisi tertinggal, Vietnam terus dikurung oleh para pemain Irak yang tak membiarkan Nguyen Quang Hai dan kawan-kawan mampu mengembangkan permainan.

Tidak ada peluang berbahaya yang tercipta hingga peluit babak pertama berakhir. Skor 1-0 untuk keunggulan Irak di jeda turun minum.

Baca juga: Sejarah terukir, Indonesia lolos ke putaran ketiga Piala Dunia 2026

Irak tampil menekan di area lini tengah sepanjang babak kedua berlangsung, sementara Vietnam sesekali mengancam melalui skema serangan balik dari kedua sisi. Tidak ada peluang berbahaya yang tercipta selama pertandingan berjalan 15 menit di babak kedua.

Irak baru memperoleh peluang saat pergerakan dari Ali Jasim di sektor lini tengah melepaskan tendangan terukur yang tak mampu dijangkau penjaga gawang Nguyen Filip sehingga membuat kedudukan berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Irak.

Dalam kondisi unggul dua gol, Irak menurunkan tempo permainan dan bermain lebih menjaga kedalaman area pertahanan. Faktor tersebut dimanfaatkan oleh Vietnam pada menit ke-84 usai sepakan dari luar kotak penalti Pham Tuan Hai merobek jala penjaga gawang Jalal Hassan Hachim. Skor 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Di masa perpanjangan waktu tepatnya pada menit ke-92, Irak menambah keunggulan. Sepakan dari luar kotak penalti Aymen Hussein tak dapat diantisipasi oleh Nguyen Filip. Skor berubah menjadi 3-1 untuk Irak dan bertahan hingga peluit babak kedua ditiup.

Kemenangan ini membuat Irak lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan status juara grup F dengan mengoleksi 18 poin dari enam pertandingan. Menemani Irak, di peringkat kedua terdapat Indonesia yang lolos usai mengamankan 10 poin dari enam pertandingan.

Susunan pemain:

Irak (4-3-3) : Jalal Hassan Hachim (PG); Ahmed Yahya, Rebin Sulaka, Zaid Tahseen, Hussein Ali; Amir Al-Ammari, Osama Rashid, Youssef Amyn; Abdulla Jassim Ali, Mohaned Ali, Louia Al-Ani.

Pelatih : Jesus Casas

Vietnam (5-4-1) : Filip Nguyen (PG); Vu Van Thanh, Do Duy Manh, Bui Hoang, Thanh Binh Nguyen, Tuan Tai Phan; Nguyen Quang Hai, Hoang Duc Nguyen, Chien Nguyen, Khoat Van Khang; Nguyen Tien Linh.
​​​​​​​
Pelatih : Kim Sang-Sik

Baca juga: Klasemen Grup F: Indonesia temani Irak lolos ke putaran ketiga

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024