Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora menarik Selasa masih dapat dibaca hari ini, antara lain polisi menyelidiki sebab kebakaran gudang ban di Bogor, penemuan individu hiu paus baru di Papua Tengah oleh Pertamina-KLHK.

Ada juga BMKG yang menyebut suhu panas maksimal 36 Celsius seminggu ke depan.

Selengkapnya dapat dibaca di sini.

1. Kebakaran gudang ban di Bogor, polisi selidiki penyebabnya

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) berhasil memadamkan kebakaran hebat yang terjadi di sebuah gudang penyimpanan ban, Jalan Raya Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin petang.

Komandan Regu Sektor Parung Dinas Damkar Kabupaten Bogor Sulaeman mengungkapkan bahwa kebakaran dengan kepulan asap hitam terjadi sejak pukul 18.30 WIB.

2. Pertamina-KLHK berhasil temukan individu hiu paus baru di Papua Tengah

PT Pertamina International Shipping (PIS) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berhasil menemukan individu hiu paus baru di Area Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC), Kwatisore, Kabupaten Nabire, Papua Tengah.

Corporate Secretary Pertamina International Shipping Muhammad Aryomekka Firdaus dalam siaran pers di Jayapura, Selasa, mengatakan temuan ini merupakan hasil monitoring bersama yang mana menjadi hadiah spesial untuk keberlanjutan hayati di lautan yang bertepatan dengan momen World Ocean Day (Hari Laut Internasional) pada 8 Juni.

3. BMKG: Suhu panas maksimum capai 36 Celsius sepekan ke depan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprakirakan dalam sepekan ke depan
hampir seluruh wilayah di Indonesia akan dilanda suhu panas maksimum harian hingga mencapai 36 derajat celsius.

Tim Pusat Meteorologi Publik BMKG Miming di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa dalam dua hari terakhir kondisi suhu panas maksimum tersebut sudah mulai melanda sejumlah wilayah mulai dari Sumatera Utara, Aceh, Jawa Timur, dan Bali.

4. Pelni berikan trauma healing anak-anak penumpang KM Umsini

Manajemen PT Pelni melaksanakan trauma healing atau penyembuhan trauma kepada puluhan anak-anak penumpang KM Umsini usai mengalami insiden kebakaran saat hendak berangkat di Dermaga Pelabuhan Makassar eks Soekarno-Hatta pada Ahad, 9 Juni 2024.

Plt Kepala Cabang PT Pelni Makassar Andi Besse Jalante di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, mengatakan bahwa metode penyembuhan trauma tersebut seperti disiapkan buku gambar lengkap dengan alat tulis, bercerita hingga bermain-main agar tidak jenuh serta diawasi tim psikolog hingga mereka diberangkatkan pada Selasa 11 Juni 2024.

5.Kemkominfo: Media berperan bangun narasi disabilitas berdaya

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menekankan adanya peran strategis media dalam membangun narasi yang memberdayakan penyandang disabilitas sekaligus turut mendukung pemenuhan hak-hak fundamental sebagai individu.

Wakil Menteri Kemenkominfo Nezar Patria menerangkan, minimnya literasi dalam bentuk publikasi maupun pemberitaan mengenai para penyandang disabilitas dan keberhasilannya di media arus utama menjadi salah satu penyebab masih melekatnya stigma mengenai disabilitas di masyarakat.

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024