Bantuan berupa uang tunai sebesar Rp150 juta, ada 10 orang yang meninggal, masing-masing untuk per satu korban meninggal dunia sebesar Rp15 juta
Kupang (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) RI telah menyalurkan bantuan sebesar Rp150 juta bagi ahli waris korban bencana alam di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Bantuan berupa uang tunai sebesar Rp150 juta, ada 10 orang yang meninggal, masing-masing untuk per satu korban meninggal dunia sebesar Rp15 juta," kata Penyuluh Sosial Ahli Madya Kemensos Siti Farida ketika dihubungi dari Kupang, Rabu.

Informasi bencana itu diperoleh dari laporan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ende yang langsung mendapatkan perhatian dari Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Santunan tersebut pun langsung diserahkan kepada ahli waris korban bencana alam pada Senin (10/6) dan Selasa (11/6).

Baca juga: Empat warga meninggal dunia dalam musibah longsor di Ende NTT
Baca juga: BPBD: Satu keluarga tertimbun longsor di Kabupaten Ende


Dari laporan yang diperoleh, ada 10 warga yang menjadi korban bencana alam, antara lain 4 orang di Kecamatan Ende Timur, Kecamatan Ndona 3 orang, Kecamatan Lepembusu Kelisoke 2 orang, dan Kecamatan Kota Baru 1 orang.

Siti menyatakan belasungkawa mendalam atas kejadian bencana yang merenggut nyawa warga di Kabupaten Ende.

Ia pun berharap santunan yang diberikan tersebut dapat membantu meringankan beban keluarga yang ditinggalkan. "Semoga bisa meringankan dan membantu beban secara psikologi dari kehilangan orang terkasih," ucapnya.

Adapun kejadian bencana tersebut antara lain tanah longsor yang merenggut nyawa empat orang yang merupakan satu keluarga di Kecamatan Ende Timur pada 7 Juni 2024. 
Selanjutnya kejadian longsor di Desa Wolotopo Timur, Kecamatan Ndona, pada 4 Mei 2024 dan kejadian tanah longsor di Kecamatan Ndona pada 22 Mei 2024. 

Baca juga: Badan Geologi imbau warga waspada gerakan tanah di Ende
Baca juga: BPBD imbau pengguna jalur Trans Flores Ende Maumere waspada longsor

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024