Jakarta (ANTARA/JACX)- Sejumlah berita unggulan terkini yang menarik untuk disimak, mulai dari Sejarah terukir, Indonesia lolos ke putaran ketiga Piala Dunia 2026, hingga Pertamina-KLHK berhasil temukan individu hiu paus baru di Papua Tengah. Berikut ini rangkuman beritanya.

1. Sejarah terukir, Indonesia lolos ke putaran ketiga Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia kembali mengukir sejarah setelah sebelumnya pada tahun ini mencatatkan sejarah dengan menembus babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar dan semifinal Piala Asia U-23 2024.

Kali ini, Garuda terbang lebih tinggi dengan melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk pertama kalinya setelah mengalahkan timnas Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa. Simak lengkapnya di sini.

2. Pertamina-KLHK berhasil temukan individu hiu paus baru di Papua Tengah

PT Pertamina International Shipping (PIS) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berhasil menemukan individu hiu paus baru di Area Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC), Kwatisore, Kabupaten Nabire, Papua Tengah. Simak lengkapnya di sini.

3. BP Tapera bantah dana Tapera digunakan untuk pembangunan IKN

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) membantah dana Tapera digunakan untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN tapi murni digunakan kembali dan untuk memberikan manfaat hanya kepada peserta Tapera. Simak lengkapnya di sini.

4. Jepang akan hancurkan bangunan halangi pemandangan Gunung Fuji

Pemerintah Jepang akan menghancurkan sebuah kondominium yang hampir selesai di Tokyo barat setelah warga mengeluhkan bahwa bangunan tersebut menghalangi pemandangan Gunung Fuji. Simak lengkapnya di sini.

5. Indonesia sambut disahkannya resolusi gencatan senjata DK PBB

Pemerintah Indonesia menyambut disahkannya Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) sebagai langkah positif untuk mewujudkan gencatan senjata dan penyelesaian komprehensif konflik di Jalur Gaza akibat agresi Israel sejak Oktober 2023.

Resolusi DK PBB Nomor 2735 tahun 2024 yang disahkan pada Senin (10/6) tersebut didukung oleh 14 negara anggota DK PBB, termasuk Amerika Serikat sebagai negara pengusul. Simak lengkapnya di sini.

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024