Jakarta (ANTARA) - TNI AU mendukung proses pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan mengantar mesin pompa transmisi air minum dari China ke ibu kota baru untuk digunakan sebagai alat penghasil air minum.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau), Marsma TNI Ardi Syahri dalam siaran pers TNI AU yang dikutip ANTARA, Rabu, mengatakan mesin pompa air minum itu di antar dari pangkalan udara (Lanud) Raden Sadjad (RSA) Natuna menuju Kalimantan Timur, Selasa (11/6).

Tugas pengantaran mesin pompa transmisi air minum itu dilakukan jajaran TNI AL sesuai dengan perintah Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melalui surat telegram dari Panglima TNI nomor ST/375/2024 tentang "Pengangkutan Motor Pompa Transmisi Air Minum IKN dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Menuju Balikpapan" dan surat Menteri PUPR Nomor CK0504-MN/457 tertanggal 22 Mei 2024 mengenai peminjaman Hercules TNI AU.

Atas dasar surat perintah itu, TNI AU mengerahkan pesawat Hercules A-1340 untuk menjemput mesin tersebut dari Guangzhou dan Shandong di China.

Setelah menyambangi Guangzhou dan Shandong, pesawat TNI AU itu lalu membawa mesin pompa transmisi air seberat 12.820 kilogram itu dari China menuju Lanud RSA dengan waktu perjalanan kurang lebih selama lima jam.

Pesawat Hercules dari skuadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma dengan Pilot Letkol Pnb Chandra Danang Jaya itu pun akhirnya sampai di Lanud RSA pada Senin (10/6) sekitar pukul 17.20 WIB.

"Dari Lanud Raden Sadjad pesawat lalu mengantar mesin pompa air minum ke Lanud Dhomber Balikpapan, Kalimantan Timur," tutur Ardi.

Di sana lah mesin itu akan didistribusikan ke IKN untuk kepentingan suplai air minum di sana.

Dengan upaya ini, TNI AU memastikan dukungannya dalam membantu pemerintah mempercepat pembangunan IKN.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024