bersinergi dengan Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) Kepulauan Seribu melakukan penanaman 350 bibit pohon mangrove dan restocking 1.000 benih ikan kakap di Pulau Pramuka
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu menggandeng sekitar sepuluh pembuat konten  (content creator) di media sosial untuk mempromosikan potensi pariwisata di daerah tersebut.

“Kami menggelar kegiatan pengenalan destinasi wisata atau Familiarization Trip (Famtrip) 2024 ke empat pulau di wilayah Kepulauan Seribu yang diikuti 65 orang content creator,” kata Kepala Sudin Parekraf Kepulauan Seribu, Sonti Pangaribuan di Jakarta, Rabu.

Menurut dia dalam Famtrip kali ini  peserta menyambangi Pulau Kelor, Pulau Pramuka, Pulau Gusung Patrick, dan Gusung Sekati yang memiliki memiliki keindahan alam serta sejarah.

“Kegiatan ini rangkaian dari menyambut HUT ke-497 DKI Jakarta pada 22 Juni 2024, sekaligus mempromosikan destinasi wisata di Jakarta khususnya Kepulauan Seribu,” kata dia.

Selain itu, lanjutnya pihaknya juga bersinergi dengan Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) Kepulauan Seribu melakukan penanaman 350 bibit pohon mangrove dan restocking 1.000 benih ikan kakap di Pulau Pramuka.

Kemudian, peserta juga diajak ke tengah laut untuk menikmati pasir putih yang ada saat air surut di kawasan tersebut.

"Ini upaya efektif untuk mempromosikan Jakarta khususnya Kepulauan Seribu sebagai destinasi yang wajib dikunjungi bagi wisatawan lokal maupun mancanegara," kata dia menjelaskan

Dirinya berharap kegiatan ini akan terus berkelanjutan dan diadakan tiap tahun karena Kabupaten Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau yang cantik dan menakjubkan, maka sangat bagus jika diperkenalkan kepada masyarakat luas.

Menurut dia dengan kegiatan ini, tentu akan menarik minat wisatawan sehingga pendapatan masyarakat lokal juga akan bertambah.

"Kepulauan Seribu ini terdiri dari pulau resort, cagar budaya, dan pulau permukiman, sangat disayangkan jika masyarakat masih ada yang belum kenal. mudah-mudah dengan kegiatan ini para peserta tertarik untuk datang kembali," kata dia.

Sebelumnya Bupati Junaedi menyatakan pihaknya fokus menggarap bidang pariwisata termasuk menyiapkan sejumlah langkah penting pada sektor tersebut untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Pihaknya telah menyiapkan sebelas destinasi wisata unggulan di pulau berpenduduk dan mengajukan ke Provinsi DKI Jakarta untuk menyiapkan pendukungnya berupa peraturan daerah (perda).

Junaedi menjelaskan strategi untuk meningkatkan PAD dilakukan bersamaan dengan perubahan DKI Jakarta menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

"Jakarta mengarah ke kota global yang beberapa indikator ada di sektor pariwisata dan penetapan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)," kata dia.
Baca juga: Pemkab dekatkan layanan perizinan ke warga Kepulauan Seribu
Baca juga: Pemkab perbaiki atap Jembatan Cinta Pulau Tidung yang ambruk
Baca juga: Pemerintah gelar Posyandu lansia berikan layanan kesehatan dasar


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024