Kerja sama dengan Honeywell diharapkan dapat mempercepat pembangunan smart city di Nusantara sesuai perencanaan Smart City Blueprint Nusantara.
Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Honeywell Indonesia berkolaborasi dalam pembangunan kota cerdas (smart city) di Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kerja sama dengan Honeywell diharapkan dapat mempercepat pembangunan smart city di Nusantara sesuai dengan perencanaan Smart City Blueprint Nusantara. Sehingga dapat tercipta kota yang dapat dikelola secara lebih efisien dan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya," ujar Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammed Ali Berawi, di Jakarta, Rabu.

OIKN dan Honeywell Indonesia menjalin kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman. Seremoni penyerahan ini dilakukan antara Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammed Ali Berawi dan Presiden Honeywell Asia Steven Lien. Kegiatan juga dihadiri oleh Presiden Direktur Honeywell Indonesia David Hutagalung.
Baca juga: OIKN tanda tangani perjanjian hibah kota cerdas dengan Amerika Serikat
Baca juga: OIKN ungkap sekitar 50 lebih LoI teknologi kota cerdas IKN


Otorita IKN dalam membangun Nusantara menjadi sebuah kota cerdas telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan teknologi global, salah satunya Honeywell.

Tujuan penandatanganan nota kesepahaman ini ialah untuk memperkuat kerja sama, pertukaran gagasan, serta pengalaman dalam perencanaan dan pengimplementasian konsep kota cerdas di Nusantara yang mendukung pengembangan ekonomi hijau serta pengembalian ekonomi yang konkret dan pengalaman masyarakat di Indonesia.

Presiden Honeywell Asia Steven Lien menyampaikan semangatnya untuk membantu merealisasikan pembangunan IKN agar selaras dengan visi kota cerdas dengan net zero carbon emission.

"Suatu kehormatan besar bagi Honeywell untuk dapat berkontribusi dalam pembangunan kota cerdas di Ibu Kota Nusantara, khususnya dengan menghadirkan teknologi dan solusi gedung cerdas yang berkelanjutan," ujar Steven.

Presiden Direktur Honeywell Indonesia David Hutagalung menyatakan antusiasme yang serupa. Sebagai early believer terhadap pembangunan IKN Honeywell melalui Memorandum of Understanding (MoU) ini memperkuat komitmennya untuk mendukung secara lebih konkret dalam pembangunan IKN sebagai kota cerdas.

Selain itu, Honeywell turut tergabung dalam kelompok perusahaan asal Amerika Serikat yang akan melaksanakan uji coba atau proof-of-concept pembangunan Integrated Command and Control Center di akhir tahun 2024 yang didukung oleh United States Trade and Development Agency atau USTDA.
Baca juga: Wapres: IKN dapat jadi pionir kota berbasis transportasi cerdas
Baca juga: Menhub sebut IKN jadi kota pionir transportasi cerdas

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024