Moskow (ANTARA) - Satu detasemen kapal perang Rusia dijadwalkan tiba di Kuba pada Rabu (12/6) untuk melaksanakan sejumlah tugas dalam kerangka kerja sama antara kedua negara, demikian disampaikan Angkatan Laut Rusia pada Selasa (11/6).

Armada kapal perang Rusia tersebut merupakan bagian dari Armada Utara, yang mencakup sebuah kapal selam bertenaga nuklir dan sebuah kapal fregat yang dilengkapi persenjataan modern, ujar Laksamana Alexander Moiseyev, selaku penjabat panglima tertinggi Angkatan Laut Rusia, yang dikutip oleh kantor berita Rusia RIA.

Menurut Moiseyev, mengunjungi Kuba hanya akan menjadi salah satu tugas yang ditentukan untuk pelayaran tersebut.

Kementerian Luar Negeri Kuba sebelumnya mengumumkan bahwa kapal-kapal perang Rusia akan mengunjungi pelabuhan Havana dari Rabu hingga Senin (17/6), yang melibatkan kapal fregat Rusia Admiral Gorshkov, kapal selam bertenaga nuklir Kazan, serta armada kapal tanker minyak Pashin dan kapal tunda penyelamat Nikolai Chiker.

Kunjungan ini merupakan bagian dari kerangka kerja "hubungan persahabatan historis antara Kuba dan Rusia," kata kementerian tersebut.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2024