Jakarta (ANTARA) - Anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK, Rabu siang, menyambangi Gedung Merah Putih KPK untuk bertemu dengan pimpinan dan Dewas KPK guna mendengar masukan terkait pemberantasan korupsi di tanah air.

"Siang ini pimpinan dan Dewas dijadwalkan akan menerima audiensi dari Pansel Capim dan Dewas," kata Juru Bicara KPK Budi Prasetyo saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Pertemuan juga akan menjadi kesempatan bagi KPK untuk menyampaikan langsung berbagai aspek pemberantasan korupsi yang diharapkan akan menjadi pertimbangan dalam memilih pimpinan dan Dewas yang tepat untuk memimpin lembaga antirasuah.

"Pertemuan ini menjadi kesempatan yang baik bagi KPK untuk menyampaikan masukan, kebutuhan, ataupun penguatan pemberantasan korupsi ke depan," ujarnya.

Budi menyampaikan ada tujuh anggota Pansel Capim KPK yang hadir, yakni Ketua Pansel Muhammad Yusuf Ateh, dengan didampingi oleh Ivan Yustiandana, Nawal Nely, Ahmad Erani Yustika, Elwi Danil, Rezki Sri Wibowo, dan Taufik Rachman.

Dalam kesempatan itu Anggota Pansel Ahmad Erani Yustika mengatakan dirinya bersama Pansel datang untuk mendengar masukan dari jajaran pimpinan dan Dewas KPK.

"Jadi kami lebih banyak mendengarkan, nanti setelah pertemuan tentunya ada lebih banyak yang bisa disampaikan," ujarnya.

Pansel Capim KPK juga menyusun agenda pertemuan dengan sejumlah pejabat lembaga negara yang saat ini berhubungan dengan KPK.

Mereka yang dimaksud, di antaranya pimpinan KPK, Dewan Pengawas KPK, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala Badan Intelijen (BIN), dan Mahkamah Agung, serta pegiat antikorupsi.

Pengumuman pendaftaran peserta Capim KPK telah dimuat melalui laman setneg.go.id dan kpk.go.id. Sedangkan pendaftaran calon pimpinan dan dewan pengawas KPK periode 2024-2029 dibuka mulai 26 Juni hingga 15 Juli 2024 secara daring melalui laman apel.setneg.go.id.

Baca juga: Pansel KPK serap aspirasi LSM-mantan pimpinan untuk seleksi capim

Baca juga: Pansel KPK dengarkan aspirasi rektor universitas untuk seleksi capim

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024