Makkah (ANTARA) - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengecek seluruh kesiapan layanan dan fasilitas bagi jamaah calon haji Indonesia saat menjalani prosesi ibadah puncak haji di Armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina), Selasa.

"Segala upaya sudah kita lakukan. Kita juga sudah cek semua fasilitas. Banyak perubahan yang dilakukan pihak mashariq -penyedia layanan haji jamaah Indonesia yang ditetapkan Arab Saudi-. Semoga layanan ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan makin baik," kata Yaqut di Makkah, Rabu.

Saat berada di Arafah, Yaqut memeriksa hampir semua fasilitas yang bakal diakses jamaah Indonesia, mulai dari tenda, toilet, dan kebutuhan lainnya.

Yaqut menjelaskan hasil pengecekannya di sejumlah maktab jamaah Indonesia di Arafah. Secara umum, fasilitas yang disiapkan sudah baik, salah satunya soal ketersediaan MCK. Selain jumlahnya lebih banyak dibanding tahun lalu, ruangnya juga lebih luas.

Begitu pula soal kualitas tenda penginapan bagi jamaah di Arafah. Tahun ini, Kemenag menyiapkan tenda-tenda dengan standar yang lebih bagus.

Kualitas tenda-tenda di maktab ini memang lebih representatif. Atap dan dindingnya memakai bahan khusus yang memiliki daya serap panas lebih baik. Selain itu, fasilitas pelengkap juga sudah disediakan. Mulai dari colokan listrik hingga charger magnetic untuk pengisian baterai ponsel.

Pada musim haji tahun ini, tenda dengan standar tersebut masih belum seluruhnya tersedia di semua maktab. Ada 30 ribu orang yang bakal menempatinya.

"Sebenarnya tahun ini kami ingin semua tenda bisa seperti ini. Tapi waktunya tidak cukup. Kami upayakan, semoga tahun depan semua tenda jamaah kita sudah seperti ini," katanya.

Meski demikian, Yaqut memastikan semua tenda jamaah Indonesia sudah layak. Bahkan, dibanding musim haji sebelumnya, tenda di Arafah tahun ini memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya lantai tenda-tenda jamaah menggunakan cone block (paving ringan), tidak lagi beralaskan tanah, sehingga lebih rata dan bersih.

Selain mengecek tenda dan toilet di sejumlah maktab di Arafah, Yaqut juga mendatangi tenda penyimpanan logistik. Di tenda ini lah, seluruh konsumsi jamaah disimpan.

Tahun ini, Kemenag RI memang memberikan layanan baru bagi jamaah selama masa puncak haji. Jamaah Indonesia bakal mendapatkan jatah konsumsi penuh di Armuzna.

Pada tempat penyimpanan logistik Arafah, tersimpan 1,58 juta paket konsumsi bagi jamaah, berupa makanan siap saji, maupun konsumsi tambahan.

Sementara itu, untuk fasilitas kesehatan bagi jamaah selama di Arafah, Kemenag RI sudah menyiapkan tenda misi kesehatan. Jaraknya memang agak jauh dari tenda jamaah.

Kendati demikian, Kemenag bekerja sama dengan mashariq menyediakan golf car untuk mobilitas jamaah yang butuh layanan kesehatan.

Pewarta: Asep Firmansyah/Sigid Kurniawan
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024