Mataram (ANTARA) - Srikandi PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Barat berkomitmen mendukung program peduli lingkungan dengan berperan aktif dalam setiap kegiatan Green Employee Involvement PLN.

"Keterlibatan aktif Srikandi PLN dalam program peduli lingkungan ini menunjukkan komitmen untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan," kata Alfi Laili Fauziah, Ketua Srikandi PLN NTB melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Rabu.

Dalam komitmen tersebut, Srikandi PLN tidak hanya terlibat aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan, namun juga berusaha agar sampah yang terkumpul dapat memiliki manfaat dan melakukan penanaman pohon.

"Dengan mengolah sampah dan menanam pohon, kami berharap bisa menjadi bagian peduli pada lingkungan. Tujuan kami sederhana, menjaga lingkungan agar lebih bersih dan hijau untuk masa depan yang lebih baik," ujarnya.

Aksi dari Srikandi PLN mendapat apresiasi dari Aisyah, Pendiri Bank Sampah Mandiri. Menurutnya, selama 9 tahun bekerja sama dengan PLN, peran PLN dalam menjaga kelestarian lingkungan sangat luar biasa, terutama dalam pengelolaan sampah.

"Melalui berbagai inisiatif, PLN telah berkontribusi dalam mengurangi dampak lingkungan dari sampah dan meningkatkan kesadaran masyarakat. Selain itu, peran Srikandi PLN sangat penting dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan melalui aksi nyata seperti hari ini," kata Aisyah.

Dengan adanya peran Srikandi PLN, dia berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya mencintai dan menjaga lingkungan.

General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo menegaskan bahwa keterlibatan aktif Srikandi PLN mencerminkan komitmen PLN terhadap kebersihan lingkungan.

"Kegiatan ini tidak hanya melibatkan pegawai laki-laki, tetapi juga para Srikandi PLN yang bersemangat dalam menjaga lingkungan. Ini menunjukkan bahwa kesadaran dan tanggung jawab terhadap lingkungan tidak mengenal gender. Selain mengumpulkan sampah, penanaman pohon juga menjadi langkah penting dalam menjaga kelestarian lingkungan," katanya.

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, jajaran PLN UIW NTB melaksanakan program peduli lingkungan dengan melibatkan pihak pemerintah dan berbagai komunitas peduli lingkungan.

Kegiatan sosial itu telah berlangsung di beberapa titik lokasi, seperti pantai Tanjung Karang di Kota Mataram, sungai Taman Ria di Kota Bima, dan pantai Sepanjang dan Balad Taliwang di Kabupaten Sumbawa.

Baca juga: Srikandi PLN Babel ambil bagian menjaga kelestarian lingkungan
Baca juga: Srikandi PLN EPI edukasi soal kelistrikan siswa SD di Jaksel
Baca juga: Srikandi PLN bantu usaha disabilitas di Karangasem

 

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024