Jakarta (ANTARA) - PT LRT Jakarta menghadirkan simulator kereta (train simulator) untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-497 Kota Jakarta di Anjungan Pemerintah DKI Jakarta di Pekan Raya Jakarta (PRJ) di Hall C1 Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Kami menghadirkan 'train simulator' untuk memperkenalkan LRT Jakarta sebagai salah satu moda transportasi publik dengan teknologi terkini yang sesuai dengan gaya hidup perkotaan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Aris Rizal Arafah di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, "train simulator" menjadi salah satu daya tarik yang disuguhkan LRT Jakarta kepada para pengunjung. Melalui simulator kereta api ini pengunjung dapat merasakan pengalaman mengoperasikan kereta bagaikan seorang masinis.

"Istimewanya terdapat 'Train Simulator Competition' dengan tema 'Cobain Jadi Masinis' yang tentunya dapat diikuti oleh seluruh pengunjung dan akan mendapatkan hadiah menarik," kata dia.

Selain itu, "train simulator" ini juga menjadi wadah edukasi kepada pengunjung untuk mengenal lebih dekat profesi masinis, pengoperasian kereta LRT Jakarta serta informasi mengenai teknologi canggih yang kami miliki.

Baca juga: HUT Jakarta, Naik LRT hanya bayar Rp1

Ia mengatakan, dengan diselenggarakan "Train Simulator Competition" diharapkan tidak hanya meningkatkan antusiasme pengunjung ke gerai (booth) PT LRT Jakarta, tetapi juga semakin menumbuhkan minat menggunakan transportasi publik, khususnya bersama LRT Jakarta.

"LRT Jakarta menghadirkan serangkaian aktivasi menarik dalam rangka memeriahkan HUT Ke-497 Kota Jakarta. Dimulai sejak tanggal 12 Juni hingga 23 Juni 2024," kata dia.

Sebelumnya, PT LRT Jakarta memberlakukan tarif khusus Rp1 dalam rangka memeriahkan HUT Ke-497 Jakarta selama dua hari, yakni 22-23 Juni 2024. "Pemberlakuan tarif ini mulai pukul 05.30 hingga 23.00 WIB pada 22 Juni dan 23 Juni 2024," katanya.

Ia mengatakan LRT Jakarta turut memberlakukan tarif khusus hanya Rp1 sesuai dengan Keputusan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0051 Tahun 2024.

Menurut dia, pada perayaan HUT Kota Jakarta tahun 2023, LRT Jakarta mencatat lebih dari 6.100 penumpang yang menikmati tarif Rp1 yang diberlakukan dalam perayaan saat itu.

Baca juga: Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B capai tahap pengangkatan balok grider

PT LRT Jakarta merupakan anak usaha Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Perseroda) yang bertugas sebagai operator moda transportasi publik Jakarta yang ramah lingkungan, aman dan nyaman.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dishub Provinsi DKI Jakarta memberikan tarif spesial bagi pengguna transportasi publik dalam rangka HUT ke-497 Kota Jakarta. Pengguna TransJakarta, MRT dan LRT hanya membayar ongkos Rp1 pada 22 dan 23 Juni 2024.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, tarif khusus Rp 1 ini berlaku selama dua hari penuh sebagai hadiah istimewa bagi pelanggan transportasi publik di Jakarta.

"Merayakan pertambahan usia kota Jakarta, Pemprov DKI memberikan hadiah istimewa untuk warga yang ingin bepergian menggunakan transportasi publik hanya dikenakan tarif Rp1," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024