Kami akan memaksimalkan pendistribusian BBM subsidi ke masyarakat khususnya menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.
Meulaboh (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Sales Area Retail Aceh memastikan distribusi bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis pertalite di Provinsi Aceh, selama libur Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, dipastikan aman dan tersedia di seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di daerah ini.

“Kami akan memaksimalkan pendistribusian BBM subsidi ke masyarakat khususnya menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah,” kata Sales Branch Manager PT Pertamina Patra Niaga Aceh, Muhammad Yoga Prabowo, di Banda Aceh, Rabu.

Sebagai upaya memastikan masyarakat lebih mudah mendapatkan BBM subsidi jenis pertalite, pihaknya akan melakukan koordinasi agar depot Pertamina dapat mendistribusikan BBM pada hari libur atau hari raya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan pihak perbankan, agar dapat melakukan layanan pembukaan untuk pembayaran atau penebusan BBM oleh pengusaha SPBU di Aceh.
Baca juga: BPH Migas temukan indikasi penyalahgunaan BBM subsidi di Aceh

Muhamma Yoga Prabowo menjelaskan Pertamina Patra Niaga Sales Area Retail Aceh telah menyalurkan BBM jenis pertalite sejak tanggal 1 Januari-30 April 2024 mencapai 178.983 kiloliter.

“Rata-rata distribusi harian BBM Pertalite di Aceh mencapai 1.491 kiloliter,” katanya menambahkan.

Angka tersebut, kata dia lagi, mengalami kenaikan 2 persen distribusi harian jika dibanding dengan penyaluran tahun 2023 lalu dengan jumlah penyaluran BBM subsidi pertalite di Aceh mencapai 530.749 kiloliter atau sekitar 1.454 kiloliter per hari.

Pada tahun 2022, jumlah BBM pertalite yang sudah disalurkan Pertamina Patra Niaga di Aceh mencapai sebanyak 530.802 kiloliter atau sekitar 1.454 kiloliter per hari.

Sedangkan pada tahun 2021 jumlah BBM subsidi jenis pertalite yang disalurkan di Aceh sebanyak 439.437 kiloliter atau sekitar 1.294 kiloliter per hari.

Meski mengalami kenaikan jumlah konsumsi BBM jenis pertalite di Aceh, pihaknya memastikan stok BBM untuk kebutuhan masyarakat selama ini selalu terpenuhi dengan baik, dan pihaknya aktif melakukan pengawasan guna memastikan pendistribusian BBM subsidi kepada masyarakat di Aceh selalu tepat sasaran dan sesuai peruntukan, demikian Muhammad Yoga Prabowo.
Baca juga: Pertamina sebut antrean BBM di Aceh karena lima SPBU dapat pembinaan
Baca juga: DKP upayakan penambahan kuota BBM untuk kebutuhan nelayan Aceh

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024