Jakarta (ANTARA) - Pelita Jaya Basketball dipastikan gagal lolos ke fase semifinal Basketball Champions League Asia (BCL) Asia 2024 meskipun pada pertandingan terakhirnya Rabu malam memetik kemenangan.

Pelita Jaya dijadwalkan akan bertanding melawan tim asal Korea KCC Egis Rabu malam nanti dalam laga yang digelar di Dubai Uni Emirat Arab, namun mereka sudah resmi tidak lolos fase grup karena sistem tiebreak.

Pelita Jaya yang menghuni Grup B bersama tim asal Jepang, Korea, dan Iran, awalnya kalah 69-86 melawan Hiroshima Dragonflies. Kemudian mereka bangkit di gim kedua dan meraih kemenangan 97-90 atas juara liga bola basket Iran Shahrdary Gorgan.

Di sisi lain, Gorgan juga sebelumya menang 102-79 atas KCC Egis dan Dragonflies juga menang atas KCC Egis dengan skor 107-77. Namun pada laga Selasa (11/6) malam, Dragonflies kalah dari Gorgan.

Baca juga: Pelita Jaya bungkam klub asal Iran di laga kedua BCL Asia 2024

Yang artinya, antara Pelita Jaya, Dragonflies, dan Gorgan, saling mengalahkan satu sama lain. Namun dari pertandingan ketiga tim tersebut, Pelita Jaya memiliki selisih poin paling sedikit dibandingkan Dragonflies dan Gorgan.

Dragonflies dan Gorgan telah memainkan tiga pertandingan dan punya rekor 2 menang 1 kalah (2-1). Gorgan saat ini berada di peringkat satu Grup B karena memiliki selisih poin tertinggi di antara Dragonflies dan Pelita Jaya. Selisih poin yang didapat dari pertandingan mengalahkan KCC Egis tidak dihitung karena mereka sudah dipastikan tidak lolos fase grup dengan dua kekalahan.

Jika Pelita Jaya menang melawan KCC Egis berapapun selisih poinnya dan menjadikan PJ punya rekor 2-1, selisih skor tersebut tetap tidak dihitung. Hal itu karena tiga tim di Grup B yang sama-sama memiliki rekor 2-1 akan ditentukan peringkatnya berdasarkan selisih poin dari tiga tim dengan rekor yang sama.

Hasil perhitungan yang dipakai hanya antara tiga tim yang nantinya sama-sama memiliki rekor 2-1. Gorgan punya catatan +6, setelah menang 13 poin dari Dragonflies dan kalah 7 poin dari Pelita Jaya. Dragonflies +4 setelah menang 17 poin dari Pelita Jaya dan kalah 13 poin dari Gorgan. Tetapi Pelita Jaya memiliki catatan -10 dengan kemenangan 7 poin dari Gorgan dan kekalahan 17 poin dari Dragonflies.

Dengan hasil ini, Pelita Jaya dipastikan tidak lolos babak semifinal BCL Asia 2024 jika pun menang melawan KCC Egis, karena sistem tiebreak.

Baca juga: Pelita Jaya telan kekalahan pertama di BCL Asia 2024
Baca juga: Pelita Jaya absen di IBL, fokus ke BCL Asia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024