Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, mempelajari tata cara menanam buah naga ke Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan di wilayah tersebut.

“Kabupaten Kepulauan Seribu berkomitmen mewujudkan ketahanan pangan, yang menjadi program Pj Gubernur DKI Jakarta.Heru Budi Hartono," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Subanppeda) Kepulauan Seribu, Hindradman Dewantoro di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, pengembangan budidaya buah naga memiliki kesamaan dengan tekstur tanah di wilayah Kepulauan Seribu. Terlebih lagi jenisnya tidak membutuhkan banyak air sehingga cocok dikembangkan di Kepulauan Seribu.

Menurut dia, Bupati Kepulauan Seribu Junaedi sangat berkomitmen dan mendukung kegiatan ini karena ketahanan pangan di Kepulauan Seribu sudah menjadi perhatian secara khusus.

"Rencananya ada kunjungan ke Kepulauan Seribu untuk melihat hasil pengembangan budidaya buah naga yang sudah dilakukan serta melihat tekstur tanahnya," kata dia.

Baca juga: Kepulauan Seribu panen sayuran dari lahan pertanian perkotaan

Pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTA) Tanjong Timor bersama dengan Tim Penggerak PKK Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu kembali memanen sayuran kangkung dan pakcoy
Ia mengatakan, nantinya ada pelatihan bagi petugas yang membudidayakan buah naga sehingga hasilnya bisa maksimal.

"Tentunya dengan langkah yang telah dilakukan saat ini, ke depannya akan ada keberlanjutan pengembangan budidaya buah naga dan buah lainnya, sehingga Kepulauan Seribu memiliki keunikan tersendiri," kata dia.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu Nurliati mengatakan, Kabupaten Kepulauan Seribu menetapkan Pulau Tidung Kecil sebagai wilayah untuk lumbung pangan.

Salah satunya tanaman yang akan ditanam adalah buah naga. Menurut dia, sejauh ini sudah ditanam meski hasilnya belum maksimal.

Dia berharap Kepulauan Seribu yang memiliki lahan dan struktur tanahnya yang berpasir akan tercipta pulau mandiri pangan.

Baca juga: "Urban farming" bantu penuhi kebutuhan sayur di Kepulauan Seribu

Petugas Sudin KPKP Kabupaten Kepulauan Seribu memanen labu air yang ditanam di lahan terbatas di Pulau Kelapa. (ANTARA/HO-Pemkab Kepulauan Seribu/am.)
Ia mengatakan, kunjungan ke Sleman sebagai edukasi untuk budidaya dan pengembangan tanaman di Kepulauan Seribu yang terletak di pesisir laut. Varietas buah naga dimungkinkan untuk dikembangkan lebih maksimal.

Nurliati menjelaskan, pengembangan budidaya buah naga rencananya dilakukan di lahan "urban farming" di Pulau Tidung Kecil yang memiliki lahan masih luas dan tidak berpenduduk.

"Budidaya buah naga sangat mungkin dilakukan di Kepulauan Seribu bersama berbagai tanaman dan buah lokal khas pulau," katanya.

Bahkan di lokasi "urban farming" sudah ditanam buah naga merah namun perlu pembaharuan dengan perbaikan bibit serta pengelolaan, pemeliharaan yang masif dan berkelanjutan.
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024