Hadirnya Proliga 2024 di Kota Malang sejatinya tidak hanya menguntungkan dari sisi olahraga, melainkan turut mengerek ekonomi sekitar.
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) menyatakan bahwa ajang Proliga 2024 seri ketiga putaran kedua di Kota Malang, Jawa Timur, pada 13-16 Juni 2024 diharapkan mampu mendongkrak perekonomian setempat, khususnya bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Aji Anom Purwasakti dalam jumpa pers, di Kota Malang, Rabu, mengatakan bahwa Pertamina sebagai sponsor Proliga 2024 seri Malang, menilai ajang tersebut tidak hanya menguntungkan dari sisi olahraga semata.

"Hadirnya Proliga 2024 di Kota Malang sejatinya tidak hanya menguntungkan dari sisi olahraga, melainkan turut mengerek ekonomi sekitar," kata Aji.

Aji menjelaskan, pelaksanaan Proliga 2024 yang digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Ken Arok Kota Malang tersebut, diperkirakan akan dipadati ribuan penonton, yang diharapkan juga akan secara langsung memberikan dampak bagi pelaku UMKM setempat.

Menurutnya, pelaksanaan Proliga seri ketiga putaran kedua yang digelar di wilayah Kota Malang tersebut, dinilai memiliki potensi cukup besar mengingat wilayah tersebut memiliki basis peminat olahraga bola voli yang cukup besar.

"GOR Ken Arok diprediksi akan dipadati penonton yang secara langsung turut memberikan dampak bagi pelaku usaha di sekitar, termasuk UMKM. Kota Malang mempunyai basis peminat bola voli cukup tinggi," ujarnya pula.

Ia menambahkan, dampak ekonomi yang muncul dari pelaksanaan Proliga 2024 seri Malang tersebut bukan hanya terbatas pada perputaran ekonomi sektor UMKM semata. Namun, sektor perhotelan, rumah makan, dan lainnya juga akan merasakan dampak ajang Proliga tersebut.

"Momentum ini akan menjadi trigger perekonomian masyarakat Malang. Hotel, rumah makan, sampai dengan pelaku UMKM banyak yang menjadi lebih ramai. Karena penonton tidak hanya dari Malang saja, tetapi juga dari kabupaten kota lain," katanya lagi.

Ketua Panitia Pelaksana Proliga 2024 Seri Malang Puspa Dewi Shinta Rukmi mengatakan pihaknya menyiapkan kurang lebih sebanyak 3.700 tiket per hari. Untuk tiket pada Kamis (13/6), telah terjual habis.

"Tiket tersebut terdiri dari 3.500 tiket reguler dan 200 VIP," katanya pula.

Ia menambahkan, dalam ajang Proliga 2024 seri Malang tersebut, untuk memfasilitasi UMKM setempat, pihaknya telah menyiapkan sejumlah booth makanan minuman, termasuk sejumlah produk UMKM lainnya.

"Pertamina juga menyediakan booth-booth menarik yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," katanya.

Pada Proliga 2024 di Kota Malang, akan diikuti tujuh tim putra, yakni Jakarta LavAni Allo Bank Electric, Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta STIN BIN, Jakarta Pertamina Pertamax, Kudus Sukun Badak, Palembang Bank Sumsel Babel, dan Jakarta Garuda Jaya.

Sedangkan untuk tim putri yang akan berlaga adalah Bandung BJB Tandamata, Jakarta Pertamina Enduro, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Elektrik PLN Putri, Jakarta BIN, Jakarta Popsivo Polwan, dan Jakarta Livin' Mandiri.

Sejumlah laga yang menarik pada PLN Mobile Proliga 2024 adalah pertarungan antara tim putra Jakarta Bhayangkara Presisi melawan LavAni Allobank Electric pada Kamis (13/6), dan Jakarta LavAni Allobank Electric melawan Jakarta STIN BIN pada Sabtu (15/6).
Baca juga: Puluhan UMKM meriahkan Bazaar Ramadhan Rumah BUMN di Kota Malang
Baca juga: Pemkot Malang kenalkan produk unggulan UMKM di Rakernas Apeksi 2024


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024