Makkah (ANTARA) - Menteri Media Arab Saudi Salman bin Yousef Al-Dossary mengunjungi paviliun Kementerian Dalam Negeri di "Hajj Media Hub" yang digelar Kementerian Media di Kota Makkah.
 
"Hajj Media Hub" yang bertujuan untuk mendukung para jurnalis dari ratusan media Arab, Islam, dan internasional dalam menyelesaikan liputan selama musim haji 1445 itu berlangsung pada 10-16 Juni di Kota Makkah.
 
Di paviliun tersebut Menteri Al-Dossary mengamati aplikasi kecerdasan buatan (AI) dalam mengelola kerumunan dan upaya Kemendagri selama musim haji untuk memastikan keamanan dan keselamatan bagi para jamaah di Dua Masjid Suci.
 
Dia juga mendapat pengarahan tentang Inisiatif Rute Makkah yang diterapkan Kemendagri selama enam tahun di bawah Program Pengalaman Haji yang sekaligus bagian dari Visi Saudi 2030.
 
Tahun ini Inisiatif Rute Makkah sudah diberlakukan di 11 bandara di tujuh negara.
 
Al-Dossary juga mendapat gambaran tentang sanksi bagi orang-orang yang melanggar aturan dan instruksi haji, termasuk mereka yang berhaji tanpa visa haji dan mereka yang secara melawan hukum membawa si pelanggar tersebut.
 
Selain itu, Al-Dossary juga diberi pengarahan tentang Pusat Operasi Keamanan Terpadu (911), yang menerima laporan keamanan darurat dan kemanusiaan serta layanan penting melalui platform elektronik "Absher".
 
Kemendagri berpartisipasi dalam "Haji Media Hub" untuk memperlihatkan layanan sektor keamanan umum, Administrasi Umum Patroli Keamanan, Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil dan Pusat Operasi Keamanan Nasional.

Sumber: SPA

Baca juga: Arab Saudi siap perluas layanan "Makkah Route" ke lebih banyak negara
Baca juga: Wamen Arab Saudi pastikan pelayanan terbaik tamu haji Raja Salman
Baca juga: Mufti Arab Saudi tegaskan kembali larangan berhaji tanpa izin haji

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024