Jakarta (ANTARA) - Laga Grup F Euro atau Piala Eropa 2024 Jerman akan dibuka dengan laga antara Turki melawan debutan Georgia pada Selasa (18/6) pukul 23.00 WIB di Signal Iduna Park, Dortmund.

Turki mempunyai modal berharga di pergelaran empat tahunan ini karena lolos sebagai juara grup pada kualifikasi, di atas Kroasia dan Wales.

Sementara Georgia dengan Khvicha Kvaratskhelia-nya, tampil di Piala Eropa tahun ini sebagai debutan setelah lolos melalui jalur play-off dengan memenangi adu penalti melawan juara Piala Eropa 2004 Yunani.

Duel ini akan menjadi duel menarik adu strategi antara dua pelatih yang sama-sama merupakan mantan pemain top pada zamannya yaitu Vincenzo Montella di Turki dan Willy Sagnol di Georgia.

Lalu pada keesokan harinya pada Rabu (19/6) pukul 02.00 WIB, ada juara Piala Eropa 2016 Portugal yang akan melawan Republik Ceko di Red Bull Arena, Leipzig.

Portugal yang masih dipimpin Cristiano Ronaldo, menatap penuh optimis Piala Eropa tahun ini setelah mereka melaju positif dengan tak terkalahkan di babak kualifikasi.

Baca juga: Mourinho yakin Ronaldo masih miliki peran besar untuk Portugal di Euro

Di bawah asuhan pelatih anyar Roberto Martinez, Portugal melaju tak terkalahkan dengan memenangi 10 laga, mencetak 36 gol dan hanya kebobolan dua gol.

Untuk Ceko, tim asuhan Ivan Hasek itu diprediksi tak gentar menghadapi skuad Portugal yang masih bertabur bintang di setiap lini. Duo Bayer Leverkusen, Patrik Schick dan Adam Hlozek diprediksi akan menjadi ancaman serius lini belakang Portugal yang sepertinya akan dikawal oleh Ruben Dias dan kawan-kawan.

Grup F Piala Eropa akan menggunakan empat stadion di babak fase grup, yaitu Signal Iduna Park, Dortmund, Red Bull Arena, Leipzig, Volksparkstadion, Hamburg, dan Veltins-Arena, Gelsenkirchen.

Duel antara Turki dan Portugal pada Sabtu (22/6) pukul 23.00 WIB di Signal Iduna Park diprediksi akan menjadi duel yang paling menyita perhatian dari Grup F karena akan menyajikan duel antara pemain-pemain muda berbakat seperti Kenan Yildiz dan Arda Guler melawan pemain-pemain matang Portugal yang diisi Bruno Fernandes, Ronaldo, Diogo Jota, hingga Cancelo.

Adapun, Piala Eropa 2024 di Jerman akan dimulai pada 15 Juni mendatang dengan sang tuan rumah melawan Skotlandia akan menjadi laga pembuka turnamen bergengsi empat tahunan itu di Stadion Allianz, Munchen pada Sabtu (15/6) pukul 02.00 WIB.

Baca juga: Persahabatan: Portugal kalahkan Finlandia, Italia ditahan imbang Turki

Selanjutnya: Jadwal lengkap Grup F

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024