Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendukung keterlibatan maksimal dari swasta dalam mengimplementasikan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), melalui Pameran Indonesia Sport Facility Expo (ISFEX) 2024 di Hall 7 JCC ICE BSD, Tangerang, pada 12-16 Juni.

Dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Rabu, Staf Ahli Bidang Inovasi Kepemudaan dan Keolahragaan Kemenpora, Yohan, usai membuka kegiatan tersebut mengatakan pemerintah mendukung penyelenggaraan ISFEX 2024 sebagai bagian dari proses pengembangan industri olahraga nasional.
 
Menurut dia, dukungan dari berbagai pihak, baik di pusat maupun daerah, termasuk pelibatan sektor swasta, sangat penting untuk implementasi DBON.
 
Oleh sebab itu, industri olahraga di Indonesia diharapkan dapat menjadi motor penggerak ekonom, sekaligus meningkatkan kualitas dan prestasi olahraga di berbagai level.

Baca juga: Menpora: DBON perlu fleksibel demi dorong prestasi cabang olahraga
 
"Kemajuan industri olahraga tidak hanya berkontribusi pada peningkatan ekonomi, tetapi juga dapat mendukung pencapaian prestasi olahraga nasional," kata dia.
 
Ia menambahkan, terselenggaranya agenda tersebut tidak hanya memperkuat posisi Indonesia di kancah internasional, tetapi juga meningkatkan semangat dan prestasi atlet-atlet Indonesia.
 
"ISFEX sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam pidatonya pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-37, yang menekankan pentingnya mengembangkan industri olahraga untuk meningkatkan prestasi olahraga nasional dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat," ujar dia.
 
Lebih lanjut dia menambahkan, kegiatan itu juga membuka peluang bagi pengurus klub olahraga, pemilik fasilitas olahraga, dan penggemar olahraga untuk menemukan solusi kebutuhan produk dan fasilitas olahraga.

Baca juga: KONI dukung produsen lokal guna memajukan industri peralatan olahraga
 
Ketua Penyelenggara ISFEX 2024, Raditia Zafir Ahmad, menyampaikan bahwa agenda itu terselenggara dengan baik berkat dukungan dan partisipasi dari seluruh stakeholder di industri olahraga.
 
"Karena itu izinkan kami memperkenalkan ucapan terima kasih dalam apresiasi yang besar kepada Kemenpora, seluruh stakeholder baik dari dalam maupun luar negeri, serta kepada mitra-mitra asosiasi pendukung ISFEX 2024," kata dia.
 
Raditia berharap ISFEX dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan memberikan dampak positif pada olahraga Indonesia, serta berharap dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang.
 
Hal itu dikarenakan, kegiatan tersebut bisa mendorong terciptanya inovasi dan peluang baru yang mendukung pertumbuhan dan transformasi industri olahraga Indonesia ke depan.

Baca juga: Presiden Jokowi minta Menpora konsisten terapkan DBON

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024