Jakarta (ANTARA) - Produsen air mineral dalam kemasan, AQUA, mengajak seluruh penonton dan volunteer acara yang hadir untuk membersihkan sampah di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta usai pertandingan antara Timnas dengan Filipina usai pada Selasa (11/6).

"Gerakan ini merupakan upaya dalam membangun dan membentuk budaya tidak meninggalkan sampah di manapun orang berada. Mengajak setiap orang mengubah kebiasaan membuang sampah sembarangan dengan meningkatkan kesadaran akan kebersihan dan pelestarian lingkungan," kata Direktur Komunikasi Danone Indonesia Arif Mujahidin dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis.

Lewat gerakan “Less Waste More Goals” seluruh pihak yang hadir diingatkan untuk terus menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan dan memilahnya berdasarkan jenis-jenisnya mulai dari tribun hingga area luar lapangan, sehingga kebersihan stadion tetap terjaga.

Baca juga: Kemenparekraf apresiasi inisiatif AQUA gelar bersih-bersih pantai

Gerakan tersebut juga dikatakannya akan memperkuat komitmen Aqua dalam mengurangi masalah sampah plastik di Indonesia.

Arif menuturkan lebih dari 30 volunteer dikerahkan dalam gerakan bersih-bersih untuk membantu menjaga lingkungan GBK tetap bersih dan terawat.

Mereka berkeliling area stadion sambil memungut semua sampah yang berserakan ataupun ditinggalkan oleh para penonton mulai dari botol air minum hingga kemasan makanan, sambil mengajak penonton sepak bola membuang sampah pada tempatnya dengan membagikan kantung sampah ukuran besar sebelum pertandingan dimulai untuk menampung sampah.

Baca juga: AQUA luncurkan kampanye pelestarian lingkungan di Labuan Bajo

“Masyarakat pun terlihat antusias dan turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan stadion berkapasitas tampung 78 ribu orang ini. Mereka mendengarkan ajakan dengan membuang botol plastik pada tempat yang telah disediakan,” ujar dia.

Di sisi lain, pihaknya juga menempatkan stan penampung sampah botol plastik yang ditempatkan di beberapa titik di seluruh area GBK yang mudah dijangkau masyarakat. Tiap botol air minum yang terkumpul ini nantinya akan didaur ulang menjadi kemasan air minum baru.

Baca juga: AQUA beri Istiqlal mobil pengangkut guna atasi masalah sampah

Dengan tujuan mengendalikan dan mengelola sampah plastik yang saat ini telah mencapai nyaris mencapai 10 juta ton pertahun. Langkah ini juga sejalan dengan sirkular ekonomi yang digaungkan AQUA.

Sebelumnya, ajakan serupa juga sudah dilakukan dalam pertandingan antara Indonesia dengan Iran pada Kamis (6/6) lalu.

Baca juga: Produsen AMDK dukung ekonomi sirkular guna atasi masalah sampah

Baca juga: Danone Indonesia raih penghargaan Global CSR & ESG Summit 2024


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024