Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan balap motor dunia MotoGP siap merayakan hari jadi ke-75 tahun pada rangkaian Grand Prix Inggris di Sirkuit Silverstone, 2-4 Agustus 2024.

Dikutip dari keterangan resmi MotoGP, Kamis, sorotan utama pada perayaan mendatang adalah para pembalap musim ini akan berkompetisi dengan menggunakan desain livery bergaya retro.

Mengambil inspirasi dari setiap babak dalam sejarah unik mereka, 11 tim di grid yang di dalamnya termasuk lima pabrikan utama, masing-masing akan membalap dengan edisi spesial mereka sendiri.

“Terlebih lagi, para penggemar dapat melihat masing-masing dari mereka terungkap secara langsung dalam acara khusus selama pitlane walk ‘Day of Champions’ pada hari Kamis (1/8) pukul 14:00 waktu setempat di GP Inggris,” kata MotoGP.

Di sana, setiap sepeda motor akan diperkenalkan di pitlane di hadapan para penonton, yang semuanya dapat menyaksikan acara tersebut secara gratis jika mereka memiliki tiket paddock khusus “Day of Champions”.

Baca juga: Marc Marquez perkuat Ducati Lenovo hingga musim 2026

Adapun “Day of Champions” sendiri merupakan sebuah program yang diadakan setiap tahun pada hari Kamis GP Inggris.

Pada program ini, akan ada pertunjukan hiburan di panggung, hingga lelang yang menampilkan setiap pembalap MotoGP di grid musim ini.

Selain itu, revolusi desain retro ini juga akan disiarkan di televisi, dengan program Spesial HUT ke-75 MotoGP selama satu jam yang dirancang untuk menampilkan gaya dan warna masing-masing tim sebelum mereka turun ke trek.

“MotoGP belum pernah melihat semua motor dan pembalap di grid tampil dengan corak khusus selama satu akhir pekan, jadi sejarah akan dibuat di Silverstone,” kata MotoGP.

“Ini juga baru permulaan, dengan banyak mitra olahraga ini yang siap bergaya retro, mulai dari BMW M Safety Car hingga perayaan podium, pameran vintage, dan masih banyak lagi,” kata MotoGP.

Baca juga: Jorge Martin resmi pindah ke Aprilia pada musim 2025

Baca juga: Pedro Acosta siap awali 2025 dengan seragam pabrikan KTM


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024