Tbilisi (ANTARA) - Kendaraan lapis baja multiguna buatan Turki, Vuran 4x4, yang diproduksi oleh perusahaan BMC, diserahkan kepada angkatan bersenjata Georgia dalam sebuah upacara di brigade infanteri di Vaziani, dekat ibu kota Tbilisi, Rabu (12/6).

Upacara tersebut antara lain dihadiri Duta Besar Turki Ali Kaan Orbay, Wakil Menteri Pertahanan Sergo Janelidze, Brigadir Jenderal Irakli Chichinadze, Manajer Umum Military Factory and Shipyard Management’s (ASFAT) Behcet Karatas, serta para pejabat ASFAT.

"Kendaraan ini bukti konkret dukungan Turki terhadap keamanan dan integritas Georgia," kata Orbay kepada Anadolu setelah upacara tersebut.

Mengutip produksi dan input domestik Turki yang mencapai 80 persen, Orbay mencatat bahwa Turki dapat memenuhi kebutuhan Georgia.

Orbay juga mengutarakan harapannya akan kerja sama yang berkelanjutan di setiap bidang.

Janelidze mengatakan Turki dan Georgia telah berhasil bekerja sama di bidang pertahanan selama beberapa waktu, dan upacara tersebut menandai hari ketika Georgia menerima kendaraan lapis baja berstandar NATO dari Turki.

Dia menambahkan bahwa penyerahan kendaraan lapis baja tersebut tidak hanya memperkuat kemampuan pertahanan Georgia, tetapi juga berkontribusi terhadap kerja sama bilateral.

Sumber: Anadolu

Baca juga: PM Georgia sebut Presiden Salome Zourabichvili pengkhianat
Baca juga: Medvedev: Rusia bisa duduki wilayah Georgia yang memisahkan diri

Penerjemah: Katriana
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024