Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo akan mendukung secara langsung pesenam putri andalan Indonesia Rifda Irfanaluthfi saat tampil pada Olimpiade Paris 2024.

"Saya berupaya hadir menyaksikan langsung perjuangan Rifda di Paris pada Juli mendatang," ujar Dito saat menerima kunjungan Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) bersama pesenam Rifda Irfanaluthfi di Kantor Kemenpora seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora di Jakarta, Kamis.

Kunjungan itu dalam rangka berpamitan dengan Menpora karena Rifda akan bertolak ke Belanda untuk menjalani pemusatan latihan sebelum melanjutkan perjuangan di Paris.

Rifda akan mematangkan persiapan di Negeri Kincir Angin selama sekitar 40 hari hingga berangkat ke Paris pada 23 Juli 2024.

Menpora Dito memberikan perhatian khusus bagi Rifda karena Olimpiade Paris ini merupakan ajang pertama bagi olahraga senam Indonesia di Olimpiade.

Baca juga: Rifda lanjutkan latihan di Belanda fokus matangkan persiapan Olimpiade

Sebelumnya, Dito didampingi Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2024 Paris Anindya Novyan Bakrie meninjau langsung sesi latihan fisik Rifda di Elite Club Epicentrum, Kuningan, Jakarta.

Kunjungan itu sebagai bentuk dukungan serta memastikan kesiapan senam Indonesia berjalan lancar hingga menampilkan atlet dalam ajang kompetisi olahraga tertinggi dunia di Paris.

Dito memastikan terus mendukung Rifda termasuk mengupayakan agar bisa menyaksikan penampilannya secara langsung di Paris yang dijadwalkan pada 28 Juli.

"Tentunya saya berharap yang terbaik untuk Rifda di Olimpiade Paris,” ujarnya.

Baca juga: Persani: Rifda percaya diri hadapi Olimpiade setelah pulih dari cedera

Ketua Umum PB Persani Ita Yuliati, secara terpisah mengutarakan, Persani tidak memberikan target bagi Rifda untuk meraih medali pada Olimpiade Paris, melainkan cukup dengan menyuguhkan penampilan maksimal dengan semua kemampuan terbaiknya.

Target tersebut, kata dia, cukup realistis mengingat para pesaing Rifda adalah pesenam terbaik dunia yang sudah menjuarai berbagai kompetisi di kancah internasional.

"Untuk target medali, kami bukan pesimistis tetapi banyak sekali saingan yang sudah menjadi juara dunia," imbuhnya.

Ita menambahkan, meskipun tidak memasang target medali, Persani memandang bahwa Rifda yang akan tampil untuk pertama kalinya dalam Olimpiade merupakan pencapaian yang luar biasa bagi senam Indonesia.

Baca juga: Menpora tinjau kesiapan pesenam Rifda menuju Olimpiade Paris

Baca juga: CdM Indonesia fokus jaga mental atlet hadapi Olimpiade Paris


Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024