Shoulder hemiarthroplasty adalah solusi yang efektif bagi pasien dengan kerusakan sendi yang tidak dapat diatasi dengan metode lain
Tanjungpinang (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raja Ahmad Tabib milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) mengumumkan keberhasilan operasi shoulder hemiarthroplasty atau penggantian bahu yang dilakukan dokter C Rayhan Cein, seorang spesialis ortopedi.

Dokter C Rayhan Cein yang memimpin tim operasi menyatakan operasi tersebut berjalan lancar dan optimis pasien akan mendapatkan peningkatan dalam kualitas hidupnya.

"Shoulder hemiarthroplasty adalah solusi yang efektif bagi pasien dengan kerusakan sendi yang tidak dapat diatasi dengan metode lain," katanya di Tanjungpinang, Kamis.

Menurutnya, operasi perdana ini juga menandai pencapaian medis di Kepri, sekaligus memberikan harapan baru bagi pasien dengan kondisi bahu rusak parah.

Baca juga: Lakukan ini kala nyeri sendi muncul

Ia mengatakan operasi shoulder hemiarthroplasty dilakukan pada seorang pasien berusia 58 tahun yang menderita neglected fracture pada bahu kanan, Jumat (7/6). Prosedur ini melibatkan penggantian bagian kepala humerus dengan prostesis.

"Teknik ini sering digunakan untuk mengurangi nyeri dan meningkatkan fungsi pada pasien dengan kasus kerusakan sendi bahu yang parah," ungkapnya.

Sementara Plt Direktur RSUD Raja Ahmad Tabib, Luki Zaiman Prawira menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan keahlian tim medis atas keberhasilan operasi penggantian bahu.

Baca juga: RSUD Raja Ahmad Tabib Kepri terus terima bantuan APD dari warga

"Keberhasilan operasi ini menunjukkan komitmen kami dalam menyediakan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Kepri," ungkap Luki.

Pasca-operasi, kata dia, pasien akan menjalani rehabilitasi intensif untuk memastikan pemulihan optimal dan kemampuan fungsional yang maksimal. Tim rehabilitasi RSUD Raja Ahmad Tabib telah mempersiapkan program terapi yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

"Dengan fasilitas modern dan tim medis berpengalaman, RSUD Raja Ahmad Tabib terus berupaya menjadi pusat rujukan kesehatan terdepan di wilayah ini," ucap Luki.

Baca juga: Kemenkes percepat pemerataan layanan kesehatan lewat pengampuan KJSU

Pewarta: Ogen
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024