Buenos Aires (ANTARA) - Senat Argentina, majelis tinggi parlemen negara itu, mengesahkan dengan perbedaan suara tipis rancangan undang-undang (RUU) reformasi yang diajukan Presiden Javier Milei sementara para pengunjuk rasa bentrok dengan polisi di luar gedung kongres.

Senat melakukan pemungutan suara terhadap RUU tersebut dengan hasil imbang 36-36 pada Rabu (12/6), tetapi Wakil Presiden Argentina yang juga menjabat sebagai Presiden Senat Victoria Villarruel memberikan suara yang menentukan untuk meloloskan RUU tersebut.

Perdebatan tersebut terjadi pada Rabu ketika ribuan orang berkumpul di luar gedung kongres di pusat kota Buenos Aires untuk memprotes kebijakan reformasi pemerintah tersebut.

Demonstrasi yang dimulai dengan damai berubah menjadi bentrokan dengan polisi, dengan pengunjuk rasa membakar mobil dan melemparkan batu ke petugas penegak hukum.

Pihak kepolisian Argentina membalas dengan peluru karet dan gas air mata untuk mengusir protes dari gedung tersebut.

Baca juga: Presiden Argentina tarik permohonan masuk BRICS

Protes ini diorganisir oleh kekuatan sayap kiri dan serikat pekerja untuk menentang usulan perubahan yang diusulkan para pemimpin negara di berbagai bidang.

Secara khusus, pihak oposisi melakukan demonstrasi menentang privatisasi, potensi penghapusan dana tunjangan guru, serta peraturan yang akan menyederhanakan proses pemecatan pegawai.

Sebelumnya pada Desember 2023, Milei menandatangani keputusan darurat yang mengusulkan lebih dari 300 reformasi di semua sektor ekonomi dan sosial untuk mengatasi krisis ekonomi dan inflasi yang sangat tinggi di negara tersebut.

Paket tersebut mencakup langkah-langkah seperti perpanjangan masa percobaan bagi pekerja menjadi delapan bulan, penghapusan sejumlah denda bagi pemberi kerja, dan penghapusan dana asuransi pengangguran. Serikat pekerja di negara tersebut telah menentang usulan tersebut di pengadilan.

Langkah menerapkan kebijakan reformasi tersebut juga memicu banyak protes di berbagai daerah di Argentina.

Sumber: Sputnik

Baca juga: Javier Milei terpilih jadi presiden baru Argentina

Baca juga: Polisi tahan pria yang berupaya habisi Presiden Argentina

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024