Jadi dari presiden nanti tanda terimanya langsung ke penerima atau masjid yang bersangkutan
Solo (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban sebanyak tujuh ekor sapi khusus di Kota Solo, Jawa Tengah pada Hari Raya Idul Adha 2024.

Kepala Bagian Kesra Setda Pemkot Surakarta Samsu Tri Wahyudi di Solo, Jawa Tengah, Kamis, mengatakan sapi-sapi tersebut akan ditempatkan di empat masjid dan tiga pondok pesantren.

Empat masjid tersebut, yakni Masjid Agung Keraton Solo, Masjid Al-Wustho Mangkunegaran, Masjid Raya Sheikh Zayed, dan Masjid Tegalsari Laweyan. Sedangkan tiga pondok pesantren yakni Ponpes Al-Muayyad yang berlokasi di Laweyan, Ponpes Qur'aniyy Az Zayadiy milik Gus Karim, serta Ponpes Al-Ikhsan milik Mbah Lepo Mojosongo.

Untuk jenis sapinya yakni Simental dan Limosin dengan kisaran berat 800 kilogram hingga 1 ton. Tujuh sapi ini diambil dari peternak Salatiga, Kabupaten Semarang, Wonogiri, dan Klaten.

Ia mengatakan jumlah sapi kurban dari presiden kali ini bertambah dari tahun lalu. Pada tahun lalu, Presiden Jokowi berkurban lima ekor sapi.

Rencananya sapi-sapi ini akan langsung diberikan pada masjid dan pondok pesantren penerima.

"Jadi dari presiden nanti tanda terimanya langsung ke penerima atau masjid yang bersangkutan. Pemkot hanya memfasilitasi serah terima saja," katanya.

Menurut dia, sapi-sapi tersebut akan disalurkan pada 16 Juni 2024. Dengan demikian, H-1 Idul Adha sudah dikirimkan ke lokasi tujuan.

Sementara itu, ia mengatakan pemeriksaan kesehatan hewan sudah dilakukan oleh Dinas Peternakan di masing-masing daerah asal sapi tersebut.

Baca juga: Pemprov Sumut usulkan tiga sapi untuk kurban Presiden Jokowi
Baca juga: Presiden Jokowi sumbang sapi kurban 1,05 ton untuk warga NTB
Baca juga: Presiden Jokowi beli sapi kurban milik peternak di Pleret Bantul

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024