Jakarta (ANTARA) - Zurich Indonesia dan Z Zurich Foundation (Zurich) berkolaborasi dengan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) untuk melindungi ekosistem pantai dari abrasi dengan menanam 750 bibit bakau di Jakarta Utara hari ini.

“Sebagai bentuk nyata dari komitmen membangun industri keuangan yang berkelanjutan, Zurich Indonesia berupaya menciptakan pertumbuhan yang menyelaraskan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup,” ucap Country Manager Zurich Indonesia Edhi Tjahja Negara di Jakarta, Kamis.

Penanaman yang dilakukan di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Angke, Kapuk, Jakarta Utara, tersebut, lanjutnya, merupakan upaya untuk mendukung reforestasi hutan bakau sebagai pelindung garis pantai.

Menurut data Food and Agriculture Organization (FAO) pada 2023, 50 persen ekosistem mangrove Indonesia telah hilang selama 30 tahun terakhir, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan laju kerusakan mangrove tercepat di dunia.

Direktur SDM & Marketing Adira Finance Swandajani Gunadi menyatakan bahwa kegiatan penanaman tersebut merupakan rangkaian dari Program Sayang Bumiku yang telah berlangsung sejak tahun 2023 dan telah menanam lebih dari 16 ribu bibit bakau.

“Sebagai wujud komitmen perusahaan terhadap kepedulian lingkungan, kesehatan masyarakat, serta bagian dari program sustainable financing, Adira Finance melalui Program Sayang Bumiku berkolaborasi dengan Zurich,” ujarnya.

Penanaman bakau tersebut pun akan dilanjutkan di Kabupaten Cilacap sebanyak 5.000 bibit pada Juli mendatang.

Baca juga: Polewali Mandar tanam 150 mangrove

“Kami berharap kolaborasi ini bisa menjadi katalisator untuk perubahan positif dan keberlanjutan, serta menginspirasi berbagai pihak dalam menjaga lingkungan serta peningkatan hidup masyarakat. Hal ini sejalan dengan visi Adira Finance, yakni menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan,” imbuhnya.

Kegiatan di kawasan TWA Angke yang melibatkan lebih dari 150 karyawan Zurich Indonesia dan Adira Finance tersebut pun sekaligus menjadi penanda dimulainya kompetisi jalan sehat bagi seluruh karyawan Adira Finance dalam Program Gardira Sehat.

Program tersebut diselenggarakan melalui aplikasi LiveWell milik Zurich, sebuah aplikasi kesehatan dan kesejahteraan yang dirancang untuk membantu pengguna mencapai target kesehatan mereka.

Atas lima miliar langkah sehat yang dikumpulkan oleh karyawan hingga November 2024 akan dikonversikan menjadi penanaman 1.000 pohon.

Baca juga: Bulukumba tanam 5.000 mangrove peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia
Baca juga: BRGM rehabilitasi mangrove di enam kabupaten di Riau


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024