Cirebon, Jawa Barat (ANTARA) -
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Jawa Barat, menyediakan 21.200 tempat duduk guna melayani masyarakat yang hendak melakukan perjalanan pada libur panjang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.
 
"Tempat duduk yang tersedia itu untuk perjalanan kereta api (KA) yang beroperasi pada periode libur panjang yakni mulai Jumat (14/6/2024) hingga Selasa (18/6/2024)," kata Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Rokhmad Makin Zainul di Cirebon, Jabar, Kamis.
 
Zainul menyampaikan penyediaan tempat duduk itu untuk mengantisipasi adanya lonjakan jumlah penumpang selama periode tersebut, sehingga perjalanan KA di wilayah Daop 3 Cirebon berjalan lancar.
 
"Untuk pembelian tiket bisa dipesan di layanan resmi KAI. Intinya, kami ingin memastikan bisa mengantarkan masyarakat dengan selamat, aman, dan nyaman," ujarnya.
 
Ia menambahkan pihaknya juga mengoperasikan perjalanan tambahan untuk KA Argo Cheribon selama libur panjang guna mengakomodir masyarakat yang bepergian dari seluruh stasiun di wilayahnya.
 
"Tambahan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti momen cuti bersama Idul Adha," katanya.
 
Zainul mengatakan pengoperasian tambahan perjalanan itu sudah disesuaikan dengan jadwal keberangkatan penumpang, serta dipastikan tidak ada KA yang mengalami keterlambatan.
 
Adapun jadwal tersebut, kata dia, yakni KA 21 Argo Cheribon relasi Tegal-Gambir dengan keberangkatan pukul 05.35 WIB serta KA 23 Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir pada pukul 16.35 WIB.
 
Kemudian, ada perjalanan KA 25 Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir yang berangkat pukul 05.05 WIB dan KA 27 Argo Cheribon relasi Tegal-Gambir dengan jadwal pada pukul 13.30 WIB.
 
Zainul menambahkan untuk jadwal perjalanan KA 29F Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir, diberangkatkan pada pukul 20.00 WIB.
 
"Selain Agro Cheribon, terdapat pengoperasian perjalanan KA lainnya yakni empat KA Ranggajati dengan beberapa relasi atau daerah tujuan yang jadwalnya pada pukul 06.45 WIB, pukul 12.00 WIB, pukul 04.45 WIB dan pukul 09.10 WIB," ucap dia.

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024