banyak warga yang ingin mengetahui kondisi kesehatannya dan mendapatkan informasi tentang TBC
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kelurahan Semper Barat menggelar pemeriksaan kesehatan warga melalui skrining gejala dan pemeriksaan penyakit Tuberkulosis atau TBC di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Intiland Jakarta Utara, Kamis.

"TBC merupakan penyakit menular serius yang dapat berakibat fatal jika tidak diobati sehingga deteksi dini dan pengobatan yang tepat sangat penting untuk mencegah penyebaran penyakit ini," kata Sekretaris Lurah Semper Barat Joce Rizal di Jakarta,Kamis.

Ia mengatakan kegiatan ini menyediakan berbagai layanan kesehatan gratis bagi masyarakat, termasuk Skrining kesehatan Pengukuran tekanan darah, tinggi badan, berat badan, gula darah.

"Kemudian cek dahak dan rontgen bagi warga yang memiliki kontak erat dengan penderita TBC," kata dia.

Ia mengatakan pemeriksaan kesehatan ini merupakan bagian dari komitmen Kelurahan Semper Barat dan Puskesmas pembantu Semper Barat 1, 2, 3 dan Puskesmas Kecamatan Cilincing untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di wilayah Semper Barat.

Menurut dia banyak warga yang ingin mengetahui kondisi kesehatannya dan mendapatkan informasi tentang TBC.

"Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini TBC dan membantu dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit ini," kata dia.

Sebelumnya Pemkot melalui Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara meningkatkan kapasitas tim Barisan Masyarakat Peduli Tuberkulosis (BASMI TBC) agar mampu mencegah penyebaran penyakit tersebut di masing-masing wilayah.

"Kami telah meningkatkan kapasitas tim BASMI TBC dengan serangkaian pelatihan untuk menemukan kasus dan upaya mencegah penyebaran TBC ," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan dr Lysbeth Regina Pandjaitan di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan peningkatan kapasitas ini bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan tim BASMI yang telah dibentuk di enam kecamatan dan 31 kelurahan Kampung Siaga TBC.

"Diharapkan tim ini juga mampu mengajarkan masyarakat tentang upaya pencegahan penyebaran di wilayah mereka," kata dia.
Baca juga: Pemkot tingkatkan kapasitas tim BASMI TBC di Jakarta Utara
Baca juga: Pemkot Jakpus gencar sosialisasikan terapi cegah TBC
Baca juga: Hati-hati, Tak pernah kena TB masih bisa berisiko kena TB RO 


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024