Jakarta (ANTARA) - Panglima Komando Gabungan Pertahanan Amerika Serikat di Indo-Pasifik (US Indopacom) Laksamana Samuel John Paparo Jr. menemui Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra dan Wakil KSAL Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma di Jakarta, Kamis.

Kunjungan Laksamana Paparo ke Kantor Kementerian Pertahanan RI dan Markas Besar TNI Angkatan Laut di Jakarta, Kamis, merupakan bagian dari rangkaian lawatannya ke Jakarta setelah dia resmi menjabat sebagai Panglima US Indopacom — salah satu komando tempur tertua Amerika Serikat — sekitar 6 minggu yang lalu.

Di Kantor Kemhan RI, Paparo dan M. Herindra berdiskusi membahas kerja sama pertahanan terutama kemitraan antara TNI dan Angkatan Bersenjata AS yang telah terjalin sejak 1967.

Herindra, dalam pertemuannya dengan Paparo, melanjutkan Indonesia juga berkomitmen memelihara perdamaian di kawasan dan memastikan perairan di Indo-Pasifik tetap menjadi perairan bebas dan terbuka.

Demi mewujudkan itu, Indonesia pun tetap berkeyakinan pentingnya menerapkan ASEAN Outlook on Indo-Pacific (AOIP) sebagai panduan bersama memelihara perdamaian dan menjaga stabilitas di kawasan.

Tidak hanya itu, Panglima US Indopacom dan Wamenhan juga menyoroti secara khusus kerja sama pendidikan, termasuk di antaranya pertukaran perwira sampai kadet.

Paparo pun menyambut baik itu, mengingat dalam rangkaian lawatannya di Jakarta dia juga ikut melepas langsung dua taruna yaitu Kopral Taruna Jason Aldrich Georgiovany dari Akademi Militer (Akmil) Magelang dan Kopral Taruna Ahmad Ghufron dari Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya untuk menempuh pendidikan militer masing-masing di US Military Academy di West Point dan di United States Naval Academy di Annapolis.

Dalam acara pelepasan di Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta, Rabu (12/6), Paparo juga memberi motivasi kepada dua taruna Indonesia itu.

Dalam pertemuan di Kantor Kemhan RI, Wamenhan dan Laksamana Paparo juga berdiskusi mengenai kerja sama maritim dan modernisasi alutsista Indonesia.

“Terima kasih atas diskusi produktif hari ini. Saya menantikan kolaborasi yang berkelanjutan yang dapat memperkuat ikatan antarnegara kita,” kata Herindra ke Paparo.

Kemudian, Paparo melanjutkan perjalanan berkunjung ke Markas Besar TNI Angkatan Laut di Cilangkap, Jakarta. Di Mabesal, Paparo disambut upacara jajar pasukan dan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma.
Panglima US Indopacom Laksamana Samuel John Paparo Jr. (kiri) dan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma (dua kanan) berdiskusi saat keduanya bertemu di Markas Besar TNI Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta, Kamis (13/6/2024). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut.


Panglima US Indopacom dan Wakil KSAL sepakat Indonesia dan AS telah menjalin kerja sama yang baik terbukti dengan beberapa latihan bersama yang rutin digelar, seperti Latma CARAT, Super Garuda Shield, Latma Rimpac, sampai Latma MNEK.

Laksdya Erwin pun kembali mengundang Angkatan Laut AS untuk kembali terlibat dalam Latma Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) dan International Maritime Security Symposium (IIMS) di Bali pada Februari 2025.

Baca juga: Wamenhan RI penuhi undangan bertemu Menhan Malaysia

Baca juga: Wamenhan: Pembelian 42 Rafale cetak sejarah baru di Indonesia

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024