Samarinda (ANTARA) - Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur memamerkan produk unggulan perkebunan daerah yakni kelapa sawit dan kakao pada Opening Ceremony 22nd Agro and Food Expo 2024 yang berlangsung di Jakarta.

"Partisipasi pada kegiatan ini adalah langkah strategis kami untuk memperluas jaringan dan mempromosikan hasil perkebunan Kaltim baik di tingkat nasional maupun internasional," ungkap Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ence Achmad Rafiddin Rizal dalam keterangan di Samarinda, Kamis.

Acara yang digelar bersamaan dengan 20th Gebyar Wisata Nusantara Expo 2024 tersebut, menurut Rizal menjadi panggung bagi Kaltim untuk menunjukkan potensi luar biasa dalam sektor perkebunan.

Ia mengatakan pada pameran tersebut pihaknya tidak hanya memamerkan produk perkebunan namun juga menghadirkan inovasi-inovasi terbaru atau program untuk memperkaya ragam produk perkebunan di daerah.

Baca juga: Disbun Kaltim ajak petani sawit bermitra dengan pabrik CPO

Rizal mengungkapkan kegiatan expo tersebut menarik ribuan pengunjung dan stan Kaltim termasuk menjadi pusat perhatian dengan pameran yang mengesankan.

"Produk-produk seperti kelapa sawit, kakao, dan berbagai olahan perkebunan lainnya dipajang dengan penataan yang menarik, mengundang decak kagum dari para pengunjung," jelasnya.

Rizal menjelaskan Dinas Perkebunan Kaltim tidak hanya menunjukkan keunggulan produk, tetapi juga komitmen dan dedikasi dalam memajukan sektor perkebunan di daerah ini.

Kehadiran Disbun di expo besar ini menjadi bukti nyata bahwa perkebunan Kaltim siap menghadapi tantangan global dan berperan aktif dalam mendorong perekonomian daerah serta negara.

Dalam waktu dekat, lanjut Rizal, Dinas Perkebunan Kaltim berencana untuk terus mengembangkan potensi ini lebih jauh lagi, menjadikan sektor perkebunan sebagai salah satu pilar utama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di daerah.

Baca juga: Disbun Kaltim-USAID SEGAR menyusun SOP perkebunan berkelanjutan

***1***

Pewarta: Arumanto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024